sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenparekraf dan DMI berkolaborasi dongkrak wisata religi

Wisata religi diklaim diminati wisatawan. Apalagi, Indonesia memiliki beberapa masjid yang sarat nilai historis, terutama peradaban Islam.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 22 Mar 2022 14:39 WIB
Kemenparekraf dan DMI berkolaborasi dongkrak wisata religi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) guna mengoptimalkan peran dan fungsi masjid dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Ruang lingkup kerja sama, yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, meliputi pertukaran data dan informasi, pengembangan pariwisata religi, dan penyelenggaraan kegiatan lain.

"Sinergi ini diharapkan kepulihan dan kebangkitan sektor parekraf dapat terwujud," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dalam keterangannya, Selasa (22/3).

Sandi, sapaannya, sesumbar, wisata religi sangat diminati wisatawan. Dalihnya, Indonesia memiliki beberapa masjid yang sarat nilai historis, terutama peradaban Islam, seperti Masjid Jogokariyan, DIY, dan Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Lebih jauh, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan, telah melakukan studi banding ke Grand Mosque, Abu Dhabi, yang lebih banyak didatangi umat nonmuslim.

"Jadi, menurut saya, ini potensi wisata yang bisa kita kelola secara betul-betul serius sehingga akan memastikan kita mempercepat akselerasi proses recovery kita, proses kebangkitan kita," tuturnya.

Selain meneken nota kesepahaman, Kemenparekraf dan DMI juga akan menggelar "Musabaqah Adzan Pesona Wisata Nusantara Tingkat Nasional 2022". Program ini bertujuan melahirkan regenerasi muazin terbaik melalui film kreatif dan menjadikan pemenang sebagai Duta Masjid Indonesia.

"Festival Musabaqah Adzan ini akan kami kick-off segera," ucap Sandi. "Mudah-mudahan ini juga menjadi kebangkitan dari perekonomian kita pascapandemi, dan juga membuka peluang usaha, dan membuka lapangan kerja di seputar masjid."

Sponsored
Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid