sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kementan perluas cakupan asuransi pertanian

Kementan akan terus menggodok kemungkinan asuransi untuk komoditas selain padi dan sapi atau kerbau.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Selasa, 11 Okt 2022 21:58 WIB
Kementan perluas cakupan asuransi pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Pertanian, berencana memperluas cakupan asuransi pertanian. Hal ini mengingat asuransi pertanian hanya mencakup petani komoditas padi dan peternak sapi atau kerbau saja.

Dalam perencanaan tersebut, Direktorat Jenderal (Dirjen) Sarana dan Prasarana Pertanian Kementan Ali Jamil mengatakan, pihaknya akan terus menggodok kemungkinan asuransi untuk komoditas selain padi dan sapi atau kerbau.

“Kita akan upayakan ada asuransi untuk bawang merah, cabai merah, dan komoditas yang berdampak pada inflasi. Kalau bisa, juga kambing dan domba diasuransikan,” kata Ali dalam keterangan resminya, Selasa (11/10).

Ali menyebutkan di tahun ini sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga dan menjadi penyebab inflasi. Padahal di tahun-tahun sebelumnya beras yang menjadi biang utama inflasi pangan, namun di awal 2022 inflasi dipicu harga bawang, cabai, telur, dan minyak goreng.

Selain perluas cakupan asuransi, Ali juga mengatakan Kementan mulai mencoba membuka kemungkinan asuransi pertanian tidak hanya lewat Jasindo meski belum diketahui mekanismenya.

“Bisa atau tidak atau seperti apa mekanismenya, mohon masukannya,” ujar Ali.

Selain adanya asuransi, upaya Kementan untuk memajukan pertanian, menjadikan pertanian mandiri, dan modern sesuai tagline Kementan, maka diperlukan pembiayaan yang memadai. Ali menyampaikan Kementan akan mendukung pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo pun menugaskan pemerintah untuk tetap memberikan bunga KUR di 3% saja.

“Untuk kepala daerah, mohon bantuan untuk membantu program ini supaya pencapaian projek ini bisa tercapai dengan baik,” tutur Ali.

Sponsored

Ali juga menyampaikan terima kasih pada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) karena telah memberikan kemudahan KUR kepada petani. Ucapan terima kasih juga disampaikan pada bank-bank daerah yang mendukung penyaluran KUR pertanian.

Adanya KUR dinilai telah memberikan bagi petani untuk akses pembiayaan.

“Karena ada KUR yang bisa dimanfaatkan untuk on farm maupun off farm,” tandas Ali. 

Berita Lainnya
×
tekid