sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mantan bankir BRI jadi Dirut Jiwasraya

Sebelum menjadi Direktur Utama, Hexana menjabat sebagai Direktur Investasi dan Information & Technology.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 06 Nov 2018 14:58 WIB
Mantan bankir BRI jadi Dirut Jiwasraya

Kementerian BUMN selaku pemegang saham PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah resmi mengangkat Hexana Tri Sasongko sebagai Direktur Utama Jiwasraya menggantikan Asmawi Syam. 

Pengangkatan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor 286/MBU/11/2018. Hexana bukan orang baru di perusahaan asuransi jiwa plat merah tersebut, ia adalah Direktur Investasi dan Information & Technology Jiwasraya. Pengangkatan Hexana sekaligus memberhentikan dengan hormat Muhamad Zamkhani sebagai Direktur SDM dan Kepatuhan Jiwasraya. 

Kementerian BUMN beralasan, pergantian pimpinan ini dilakukan dalam rangka Jiwasraya menuju pengembangan bisnis baru yang berbasis Information Technology (IT). Termasuk juga sebagai penguatan investasi perusahaan dan sekaligus melakukan regenerasi untuk menciptakan kepemimpinan yang berkelanjutan di Jiwasraya.

Hexana pun mengaku siap mengemban tugas tersebut dan berencana mengembangkan program-program unggulan yang ada dengan perbaikan bisnis proses berbasiskan digital. Dengan berbasis digital, akses masyarakat kepada produk-produk Jiwasraya akan lebih mudah.

Selain itu, mantan bankir Bank BRI ini juga berencana untuk menerapkan manajemen risiko secara disiplin dalam pengelolaan investasi keuangan. Termasuk juga meningkatkan kerja sama penyediaan layanan kebutuhan asuransi jiwa bagi BUMN.

"Kami akan melanjutkan dan terus mengembangkan program-program yang sudah dirintis direksi sebelumnya. Agar, Jiwasraya lebih baik dan modern. Dalam kesempatan ini saya mewakili Jiwasraya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan kerja samanya selama ini. Semoga saya juga bisa mengemban tugas ini dengan baik," kata Hexana dalam rilisnya pada Selasa (6/11).

Sementara itu, Asmawi yakin koleganya sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Jiwasraya menuju bisnis yang modern. Asmawi optimis kalau regenerasi di perusahaan akan berjalan dengan baik. 

Sebagai informasi, pria kelahiran Klaten tanggal  23 Maret 1964 sebelumnya lebih dikenal sebagai orang perbankan. Selama 18 tahun meniti karir di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Bermula dari tahun 1999, ia menduduki posisi sebagai Kepala Bagian Pasar Uang Divisi Treasury di kantor pusat BRI.

Sponsored

Tiga tahun kemudian, ia menjabat sebagai Kepala Divisi Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis BRI. Tak butuh waktu lama, ia telah mengisi posisi lain, yaitu menjadi Kepala Divisi Corporate Development and strategy di tahun 2014.

Hexana dipercaya sebagai Senior Executive Vice President Direktorat IT Strategy & Satelite BRI satu tahun kemudian. Dua tahun berikutnya karirnya menanjak dengan menjadi Senior Executive Vice President Direktorat Treasury and Global Service BRI.

Hexana menempuh pendidikan di Universitas Airlangga dan mendapatkan gelar sarjana hukum tahun 1986. Ia juga meraih gelar Magister Bisnis Administrasi (MBA) melalui program bisnis internasional di Monas Mt. Eliza Business School di Universitas Monash, Melbourne, Australia tahun 1996.

Berikut jajaran direksi Jiwasraya :
Direktur Utama : Hexana Tri Sasongko
Direktur Keuangan : Danang Suryono
Direktur Teknik : Rianto Ahmadi
Direktur Pemasaran : Oen, Indra Widjaja