sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menaker serahkan bantuan untuk penyandang disabilitas Boyolali

Bantuan diklaim menjadi solusi karena tak semua penyandang disabilitas bisa menjadi PNS ataupun karyawan swasta.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 10 Mar 2021 20:55 WIB
Menaker serahkan bantuan untuk penyandang disabilitas Boyolali

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, menyerahkan jaring pengaman sosial (JPS) padat karya dan pelatihan tenaga kerja mandiri (TKM) kepada disabilitas di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), pada Rabu (10/3). Bantuan tersebut diklaim menjadi solusi lantaran tidak semua disabilitas bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS) ataupun karyawan swasta.

"Progam ini bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah untuk memfasilitasi teman-teman disabilitas mendapatkan hak yang sama, termasuk hak untuk mendapatkan penghasilan," ucapnya saat mengunjungi Sekretariat Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB) Karya Mandiri di Desa Klewor, Kecamatan Kemusu.

Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Boyolali, M. Syawaludin, menambahkan, program padat karya yang diberikan mencakup pembangunan infrastruktur. Adapun program TKM meliputi paket ternak kambing dan peralatan mesin jahit portabel.

"Bantuan yang diberikan sejak awal pandemi sudah ada 50 paket dan mendapat tambahan 50 paket lagi sehingga total 100 paket. (Perinciannya) 65 paket untuk padat karya dan 35 paket TKM disebar di seluruh Kabupaten Boyolali," jelasnya.

Sponsored

Sementara itu, Ketua FKDB, Sri Setyaningsih, menerangkan, anggotanya mendapatkan bantuan 40 kuota penggemukan kambing dari Kemenaker sebesar Rp2 juta. Program diharapkan ditingkatkan mengingat masih banyak disabilitas Boyolali yang butuh diperhatikan.

"Alhamdulillah, sangat senang dengan kunjungan Bu Ida Fauziah (pada) hari ini. Saya berharap ke depannya program ini dapat ditingkatkan mengingat masih banyaknya teman-teman disabilitas Boyolali yang masih butuh untuk kita diperhatikan," tandasnya, mengutip situs web Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Rabu, 28 Jul 2021 14:29 WIB
Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Senin, 26 Jul 2021 17:37 WIB
Berita Lainnya