logo alinea.id logo alinea.id

MNC Vision Networks akuisisi 60% saham K-Vision

Akuisisi dilakukan PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV) untuk memperluas pasar.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 16 Jul 2019 16:19 WIB
MNC Vision Networks akuisisi 60% saham K-Vision

PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV) menandatangani perjanjian kerja sama eksklusif dengan K-Vision. IPTV akan mengakuisisi saham mayoritas K-Vision sebesar 60%. 

Direktur Utama IPTV Ade Tjendra mengatakan akuisisi ini bertujuan meningkatkan pelayanan serta melengkapi penawaran paket Pay TV IPTV kepada pelanggan. Selain itu, IPTV juga berusaha menangkap pasar baru yakni segmen menengah ke bawah. 

"Kami sangat optimistis dapat memperluas jangkauan melalui akuisisi K-Vision. Atas akuisisi ini, perseroan yakin dapat semakin memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk terus meningkatkan performa bisnis IPTV di Indonesia," kata Ade Tjendra dari keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Selasa (16/7).

Dengan akuisisi tersebut, Ade mengatakan saat ini IPTV menangkap semua segmen pasar TV-Berbayar di Indonesia. K-Vision merupakan Pay TV pra-bayar terbesar di Indonesia yang melayani segmen pasar menengah ke bawah yang membutuhkan kualitas lebih baik dengan beragam pilihan saluran Free to Air (FTA) Indonesia lokal dan internasional.

K-Vision menawarkan paket TV-berbayar dengan harga terjangkau melalui voucher pra-bayar serta layanan siaran melalui satelit KU-band. Setelah akuisisi ini, IPTV menargetkan mencapai 200.000 pelanggan baru per bulan.

Untuk diketahui, perusahaan yang melakukan IPO pada 8 Juli 2019 ini mengandalkan lini bisnis utama yang terdiri dari TV-Berbayar, fixed broadband/IPTV, dan layanan konten digital melalui anak perusahaannya, yaitu MNC Vision, MNC Play, MNC Now, dan PT Nusantara Vision. 

MNC Vision memiliki pangsa pasar sebesar 96% dan memiliki basis pelanggan sekitar 2,4 juta pada 31 Desember 2018. MNC Vision menargetkan pelanggan di kota-kota menengah dan kecil. Sementara itu, MNC Play berfokus pada penyediaan layanan broadband/IPTV tetap dengan total pelanggan 262.000 pada 31 Desember 2018. 

Kemudian jumlah pelanggan MNC Now saat ini berjumlah hingga 3 juta pelanggan, tumbuh pesat sejak peluncuran pertama pada bulan Februari 2018. Saat ini, MNC Now memperoleh pendapatannya dari iklan dan konten video berbayar.

Sponsored