sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Net TV jual saham kepada publik Rp1 triliun

Perusahaan televisi milik Indika Group, PT Net Visi Media akan menjual saham kepada publik melalui IPO senilai Rp1 triliun.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Rabu, 04 Jul 2018 18:44 WIB
Net TV jual saham kepada publik Rp1 triliun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Perusahaan televisi milik Grup Indika, PT Net Visi Media akan menjual saham kepada publik melalui IPO dengan target perolehan dana hingga Rp1 triliun.

Net TV yang dimiliki oleh konglomerat Sudwikatmono itu akan menggelar dua aksi korporasi. Yakni penawaran saham perdana dan emisi obligasi wajib konversi (Mandatory convertible bonds/MCB).

Penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) Net TV melalui penjualan saham baru sebesar 1 miliar lembar setara 4,88% dari modal disetor. Target perolehan dana sekitar Rp200 miliar.

Kemudian, perseroan menerbitkan MCB yang dikonversikan menjadi 4,73 miliar lembar saham setara 19,32% dari seluruh modal disetor. Perolehan dana dari MCB mencapai Rp800 miliar.

Secara keseluruhan, dua aksi korporasi itu mewakili 5,4 miliar lembar saham yang akan dicatat di PT Bursa Efek Indonesia. Rencananya, perolehan dana dari IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha.

Direktur PT NH Korindo Sekuritas Amin Suhendro Samirin mengatakan, pelepasan saham Net TV setara dengan 24% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh.

Rinciannya, sebesar 19,32% dari total saham merupakan konversi utang menjadi saham senilai Rp800 miliar. “MCB senilai Rp800 miliar milik dua perusahaan,” jelas Amin usai menggelar mini expose di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (4/7).

Mini expose tersebut dihadiri oleh Direktur Utama Net Wishnutama, Komisaris Utama Net Agus Lasmono Sudwikatmono yang didampingi oleh penjamin polaksana emisi NH Korindo Sekuritas.

Sponsored

Selanjutnya, 1 miliar lembar saham  merupakan saham baru senilai Rp200 miliar. Dana itu akan digunakan untuk pengembangan usaha perseroan. “Karena hanya mencari Rp200 miliar maka penjamin emisinya cukup kami,” ucap dia.

Direncanakan, calon emiten itu akan mencatatkan saham perdana di BEI pada Agustus mendatang. “Mudah-mudahan Agustus sudah listing, kami belum tau kapan tanggalnya,” ungkapnya.

Perseroan telah menunjuk PT NH Korindo Sekuritas selaku penjamin emisi efek. Pembeli MCB tersebut salah satunya perusahaan e-commerce Tokopedia.

Sebagai informasi, Net TV didirikan oleh Agus Lasmono Sudwikatmono dan Wishnutama Kusbandio. Net TV resmi mengudara pada 26 Mei 2013.

Net TV berada di bawah bendera Grup Indika milik konglomerat Sudwikatmono. Meskipun bergerak di bidang usaha Energi & Sumberdaya di bawah bendera PT Indika Energy Tbk. (INDY), berdirinya Indika dimulai dari sebuah visi untuk membangun usaha di bidang media hiburan dan teknologi informasi. 

Nama Indika sendiri merupakan singkatan dari Industri Multimedia dan Informatika. Saat ini, melalui PT Indika Multimedia, Grup Indika bergerak di bidang usaha promotor, broadcast equipment, production house dan radio.

Berita Lainnya