logo alinea.id logo alinea.id

Dapat DAK Rp375 miliar, NTT akan bangun jalan provinsi di pedalaman

Pemprov NTT mengapresiasi Pemerintah dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Melchias Markus Mekeng yang telah memperjuangkan DAK untuk NTT.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Rabu, 07 Nov 2018 08:35 WIB
Dapat DAK Rp375 miliar, NTT akan bangun jalan provinsi di pedalaman

Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat RI sepakat menganggarkandana alokasi khusus (DAK) sebanyak Rp375 miliar untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun infrastruktur jalan provinsi di kawasan pedalaman NTT.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Pusat dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Melchias Markus Mekeng yang telah memperjuangkan DAK sebesar Rp375 miliar untuk NTT,” kata Wakil Gubernur NTT Yosep Nai Soi, di Kupang, NTT pada Rabu, (7/11).

Yosep menjelaskan, anggaran DAK yang telah dialokasikan Pemerintah Pusat itu nantinya diperuntukkan pembangunan fasilitas umum dan infrastruktur jalan di NTT. Pembangunan jalan provinsi, kata Yosep, akan dilakukan pada 22 kabupaten/kota yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.

"Alokasi DAK tahun 2019 digunakan juga untuk pembangunan fasilitas umum yang belum memadai di NTT," kata Yosep.

Khusus jalan provinsi, Yosep menyebut, akan diprioritaskan untuk jalan provinsi di kawasan pedalaman NTT yang kondisinya memprihatinkan. Menurutnya, apabila jalan provinsi telah dibenahi tentu akses transportasi masyarakat jauh lebih lancer, sehingga diharap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cepat.

"Pembangunan jalan provinsi menjadi komitmen Gubernur Viktor Bungtilu Lasikodat dan Wakil Gubernur Yosep Nai Soi. Kami akan membenahi infrastruktur jalan provinsi dengan target tiga tahun kondisi jalan provinsi menjadi lebih baik," ujar Yosep. (Ant)