sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

OJK ungkap dua bank asing yang bakal akuisisi Permata

Dua bank asal Jepang dan Thailand berpotensi akuisisi saham Bank Permata milik Astra Group.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 29 Nov 2019 14:31 WIB
OJK ungkap dua bank asing yang bakal akuisisi Permata

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut dua bank asing berpotensi mengakuisisi PT Bank Permata Tbk. (BNLI). Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo mengatakan dua bank asing tersebut adalah Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) dan satu bank yang berasal dari Thailand.

Akan tetapi, Slamet tak menyebutkan nama bank yang berasal dari negeri Gajah Putih tersebut. "Lokalnya (bank dan investor lokal) sepertinya enggak ada, termasuk investor seperti Chairul Tanjung," kata Slamet ditemui usai media briefing OJK di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (29/11).

Dengan adanya dua nama ini, Oversea-Chinese Banking Corporation Ltd. (OCBC) Singapura yang sebelumnya dirumorkan berminat mengakuisisi 90% saham Bank Permata dengan nilai sekitar US$1,9 miliar, keluar dari meja negosiasi.

Sebelumnya pada Agustus lalu, Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk. (ASII) Prijono Sugiharto, membantah kabar Astra akan menjual saham anak usahanya tersebut. Prijono mengatakan Astra akan memperbaiki seluruh kinerja anak perusahaannya, termasuk Bank Permata.

Sponsored

"Semua perusahaan yang ada di Astra akan kami perbaiki, don't worry about that," ujar Prijono.

Saat itu, beredar rumor mengenai ketertarikan beberapa pihak untuk memiliki saham BNLI. Hal tersebut lantaran Standard Chartered yang memiliki saham sebesar 44,56% hendak melepas sahamnya di Bank Permata.

Sejumlah nama calon investor pun disebut-sebut akan mengakuisisi Bank Permata pada Agustus lalu seperti Bank Oversea-Chinese Banking Corporation Ltd. (OCBC), PT Bank Mandiri Tbk., Sumitomo Mitsui Financial Group, sampai Mizuho Financial Group. Adapun Bank Mandiri menyatakan batal mengakuisisi Bank Permata karena tidak adanya kesepakatan terkait dengan harga jual.