sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pefindo perkirakan penerbitan surat utang 2021 capai Rp122 triliun hingga Rp159 triliun

Penerbitan obligasi tahun ini juga akan didorong oleh jumlah surat utang yang jatuh tempo.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 19 Apr 2021 18:26 WIB
Pefindo perkirakan penerbitan surat utang 2021 capai Rp122 triliun hingga Rp159 triliun

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan, emisi penerbitan surat utang pada 2021 bisa berkisar antara Rp122 triliun sampai Rp159 triliun. 

Head of Economic Research Pefindo Fikri C Permana mengatakan, jumlah emisi kuartal per kuartal akan sulit dihitung karena ada berbagai risiko yang bisa terjadi setiap waktu, serta mempertimbangkan kebiasaan penerbit atau issuer.

"Kami melihat hal ini akan didorong selain dari imbal hasil (yield), penerbitan obligasi tahun ini akan didorong oleh jumlah surat utang yang jatuh tempo," kata Fikri, Senin (19/4).

Fikri juga melihat surat utang yang jatuh tempo tahun ini juga akan direfinancing, sehingga hal ini menambah jumlah surat utang yang diterbitkan pada 2021. 

Dia mengamati, persentase surat utang jatuh tempo perbankan menjadi yang terbesar tahun ini. Pefindo berharap perbankan, multifinance dan lembaga keuangan khusus juga melakukan penerbitan yang lebih banyak tahun ini, atau melakukan refinancing surat utang mereka yang jatuh tempo.  

"Kami harap penerbitan di kuartal II-2021 dan kuartal III-2021 akan lebih baik di dua kuartal tersebut," tuturnya.

Adapun hingga kuartal I-2021 ini, penerbitan surat utang nasional tercatat meningkat 16% menjadi Rp23,2 triliun, dari Rp20 triliun di kuartal I-2020. 

Kepala Divisi Pemeringkatan Korporasi Pefindo Niken Indriarsih menuturkan, penerbitan surat utang sudah lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya. 

Sponsored

"Kalau misalkan pertumbuhan ekonomi stabil ke depannya atau lebih baik, seiring dengan program vaksinasi pemerintah yang berjalan sesuai jadwal, bisa saja dari sisi surat utang ini terus meningkat kuartal-kuartal berikutnya," ucapnya.  

Berita Lainnya