close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Kementerian PUPR akan memulai pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami pada Juli 2024. Dokumentasi Kementerian PUPR
icon caption
Kementerian PUPR akan memulai pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami pada Juli 2024. Dokumentasi Kementerian PUPR
Bisnis
Selasa, 17 Oktober 2023 14:49

Pembangunan Tol JORR Cikunir-Ulujami akan dimulai Juli 2024

Panjang Jalan Tol JORR Cikunir-Ulujami bakal mencapai 21,6 km, dari Jatiasih, Kota Bekasi, hingga persimpangan Ulujami, Jakarta Selatan.
swipe

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami selesai dan beroperasi pada 2027. Pekerjaan bakal dimulai pada Juli 2024.

"Jadwal konstruksi tol ini selama 33 bulan, yang dimulai sejak Juli 2024 hingga Maret 2027. Jadwal pengoperasian tol ini ditargetkan pada April 2027," ucap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Miftachul Munir, dalam keterangannya, Selasa (17/10).

Pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha atau bersifat unsolicited. Lingkup pengusahaan proyek adalah pendanaan, termasuk pengadaan lahan, perencanaan teknik, pembangunan konstruksi, pengoperasian, hingga pemeliharaan.

Proyek pembangunan jalan tol ini bakal dilengkapi tiga lokasi on-off ramp. Yakni, terkoneksi Jalan Arteri Pondok Indah, terkoneksi Jalan Bambu Apus, dan terhubung Jalan Tol Jagorawi.

Proyek bakal dibangun di atas Jalan Tol JORR yang ada. Harapannya, dapat menekan beban kepadatan lalu lintas kendaraan di ruas tersebut serta menjadi jalur alternatif dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujani akan terbentang dari Jatiasih, Kota Bekasi, dan berakhir di persimpangan Ulujami, Jakarta Selatan, dengan panjang sekitar 21,6 km. Nilai investasinya menembus Rp21,26 triliun dengan masa konsesi 45 tahun per penerbitan surat perintah mulai kerja.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fatah Hidayat Sidiq
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan