logo alinea.id logo alinea.id

Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara, pilihan investasi jangka pendek

Potensi imbal hasil tahunan Avrist Ada Kas Mutiara berkisar antara 6%-6,3%.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Senin, 25 Mar 2019 14:15 WIB
Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara, pilihan investasi jangka pendek

Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara (“Avrist Ada Kas Mutiara”), produk reksa dana dari PT Avrist Asset Management (“Avram”) mencetak kinerja positif sepanjang 2018. Produk ini juga mendapat penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik Tahun 2019 kategori Pasar Uang Kelas Aset Rp100-500 Miliar Periode 1 Tahun dari Majalah Investor.

"Avrist Ada Kas Mutiara ini diluncurkan sejak April 2017, dengan mengelola dana investor individu maupun investor institusi. Sebelumnya kami juga menang pada penghargaan Bareksa-Kontan Fund Awards 2018 menjadi juara II atau silver awards," kata Head of Investment Avram, Farash Farich, kepada Alinea.id pada Jumat (22/3).

Farash mengatakan kinerja Avrist Ada Kas Mutiara bisa unggul karena fokus pada deposito perbankan yang memiliki fundamental baik dan yield menarik. Kombinasi di tenor deposito juga membantu meningkatkan kinerja reksa dana ini. Hingga akhir Februari 2019 ini, dana kelolaan Avrist Ada Kas Mutiara telah mencapai Rp293 miliar.

Menurutnya, rata-rata kinerja reksa dana pasar uang tahun 2018 positif karena didukung dengan kenaikan bunga deposito seiring kenaikan BI rate (BI7DRRR). Namun, beberapa reksa dana pasar uang yang berinvestasi di obligasi jangka pendek mengalami kinerja yang kurang optimal akibat penurunan harga obligasi.

"Prospek reksa dana pasar uang tahun ini kami rasa masih baik mengingat BI kemungkinan masih mempertahankan tingkat bunga 7DRRR. Sehingga perubahan bunga deposito tidak akan banyak di tahun ini, hanya bervariasi mengikuti siklus likuiditas perbankan (overlikuid di awal tahun dan berkurang likuditas menjelang akhir tahun)," jelas Farash.

Selain itu, ekspektasi kinerja obligasi yang lebih positif tahun ini akan mendukung kinerja reksa dana pasar uang yang juga berinvestasi di obligasi. Mayoritas portofolio tetap di deposito perbankan, namun jika yield obligasi jangka pendek naik banyak memungkinkan untuk berinvestasi di obligasi. 

“Valuasi yield obligasi dan arah pasar obligasi menjadi unsur penting untuk membuat keputusan," ucapnya.

Farash mengatakan Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara ini cocok untuk menjadi sarana investasi jangka pendek. Artinya, bagi para investor yang memiliki kelebihan likuiditas untuk jangka pendek bisa berinvestasi di reksa dana tersebut.

Sponsored

"Sisi fluktuasi nilai investasi ini stabil. Reksa dana ini dapat memberikan imbal hasil yang lebih baik daripada investasi langsung ke perbankan atau deposito bank," ujarnya.

Farash juga menyebut untuk jenis investasi ini, investor dari perorangan lebih mendominasi ketimbang investor institusi. Sebab, Avram telah bekerja sama dengan agen-agen penjual atau agen-agen distribusi sehingga jangkauan para agen tersebut sangat luas.

Namun jika dilihat dari sisi jumlah nominal, investor institusi lebih unggul. Adapun investor institusi yang tercatat merupakan investor dari institusi perbankan, yayasan, maupun perusahaan non financial.

“Potensi imbal hasil tahun ini diharapkan berkisar antara 6%-6,3% nett untuk investor Avrist Ada Kas Mutiara," ujarnya.

Mengutip Fund Fact Sheet Avrist Ada Kas Mutiara yang di akses melalui website Avram, kinerjanya sejak diluncurkan meningkat 12,09% per akhir Februari 2019. Tentunya Avram memiliki strategi untuk menjadikan produknya tetap unggul.

"Tentunya dengan melakukan diversifikasi di berbagai macam perbankan. Tapi syarat pertama investasi di perbankan yaitu memperhatikan profil pemilik bank, kondisi permodalan bank, non performing loan (NPL), dan likuiditas," katanya.

Kedua, diversifikasi jenis bank, seperti swasta maupun BPD. Ketiga, diversifikasi tenor mulai dari satu sampai tiga bulan agar dapat memastikan pembayaran tepat waktu bila terjadi redemption dari nasabah sehingga redemption tidak menurunkan kinerja reksa dana.

Apabila investor ingin berinvestasi pada produk Avrist Ada Kas Mutiara, maka pembelian dapat dilakukan melalui PT Avrist Asset Management di email cs.avram@avrist.com atau nomor telepon 021 252 1662.

"Pembelian Avrist Ada Kas Mutiara juga dapat dilakukan melalui agen penjual reksa dana yang bekerja sama dengan kami, seperti Indo Premiere Sekuritas, Bibit, Bareksa dan Philip Sekuritas," ucap Farash.

Investasi di produk ini juga sangat murah dan terjangkau, yaitu dengan minimal Rp100.000 sudah dapat berinvestasi di Avrist Ada Kas Mutiara.