logo alinea.id logo alinea.id

Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara Raih Penghargaan

Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara berhasil meraih penghargaan.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 26 Mar 2019 19:17 WIB
Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara Raih Penghargaan

Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara (“Avrist Ada Kas Mutiara”), produk dari PT Avrist Asset Management berhasil meraih penghargaan Majalah Investor-Infovesta Mutual Fund Awards 2019 sebagai Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2019 dengan kategori Reksa Dana Pasar Uang Periode 1 Tahun Dengan Aset Rp100 miliar - Rp500 miliar.

Direktur Utama PT Avrist Asset Management, Hanif Mantiq, mengatakan penghargaan untuk Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara ini sangat berarti bagi perusahaan.

"Tentu kami senang, karena kalau dapat award berarti produk kami sudah teruji dari sisi risiko dan return. Selain itu, investor bisa lebih yakin untuk berinvestasi di Avrist Asset Management ke depannya,” kata Hanif usai acara Investor-Infovesta Mutual Fund Awards 2019 di Jakarta, Selasa (26/3).

Lebih lanjut, menurut Hanif, penghargaan ini dapat membantu memperkuat brand dan reputasi Avrist Group dan Avrist Asset Management di industri keuangan Indonesia. Penghargaan ini juga membantu penyebaran informasi tentang keunggulan produk Avrist Ada Kas Mutiara ini kepada masyarakat di tengah ketatnya kompetisi dari produk sejenis.

Menurut Hanif, keunggulan dari produk Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara adalah karakteristiknya yang likuid dan bisa dicairkan kapan saja. Minimum investasinya pun tergolong murah, yaitu hanya Rp 100.000,- saja, sehingga cocok untuk menjadi alternatif investasi bagi investor ritel.

"Avrist Ada Kas Mutiara menjadi salah satu produk favorit kami, meski bukan produk terbesar kami," ungkap Hanif.

Hanif juga mengatakan bahwa butuh strategi untuk menjaga produk Avrist Ada Kas Mutiara tetap memiliki return yang menarik dan diminati banyak investor. Salah satunya dengan aktif dan mengamati kondisi pasar terkini. 

"Sejak produk ini diluncurkan pada April 2017, Avrist Ada Kas Mutiara mendapat juara II tahun lalu dan tahun ini mendapat juara I," ujarnya.

Sponsored

Lebih lanjut, Hanif mengharapkan penghargaan serupa juga bisa diraih oleh produk-produk lain dari Avrist Asset Management.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Avrist Asset Management untuk bisa terus konsisten menghasilkan kinerja investasi dan memberikan pelayanan yang optimal bagi investor,” kata Hanif.

Sebagai informasi, dalam acara ini terdapat 52 kategori penghargaan yang diberikan untuk 41 produk reksa dana. Reksa dana yang meraih penghargaan itu dikelola 27 perusahaan manager investasi (MI), salah satunya Avrist Asset Management.

Adapun pada kategori Reksa Dana Pasar Uang Periode 1 Tahun Dengan Aset Rp100 miliar - Rp500 miliar ini, penilaian dilakukan dengan melihat kinerja, risiko, dan pertumbuhan Unit Penyertaan reksa dana selama setahun terakhir.

Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara, Investasi Untuk Milenial

Head of Investment PT Avrist Asset Management Farash Farich mengatakan bahwa Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara merupakan salah satu produk reksa dana yang bisa dipilih setiap kalangan masyarakat khususnya generasi milenial.

Sebab, investasi ke reksa dana ini tidak memerlukan dana yang besar. Kuncinya, investasi harus dilakukan dengan disiplin.

Artinya, setiap bulan, investor sudah menyisihkan sebagian penghasilan tersebut untuk investasi. 

"Jadi tujuan investasi adalah kita menunda konsumsi saat ini, tapi dengan tujuan kita akan menggunakan uang tersebut untuk konsumsi di masa yang akan datang," kata Farash.

Farash menyebut, ada tiga hal penting yang menjadi catatan bagi investor. Pertama, sebelum memulai investasi ke reksa dana, calon investor wajib memahami karakteristiknya terlebih dulu. Maksudnya, investor sudah memiliki tujuan dan target investasi. 

“Apakah jangka pendek misalnya untuk biaya operasional sehari-hari, jangka menengah untuk traveling, dan tujuan jangka pajang misalnya untuk biaya menikah atau biaya sekolah anak," ucapnya.

Kedua, investor juga perlu memperhatikan pergerakan pasar uang dan pasar modal. Menurut Farash, fluktuasi dalam pasar tersebut pasti terjadi. Sehingga, investor tidak perlu panik dalam merespons hal tersebut.

"Jadi fokus lagi dengan tujuannya, jangan karena fluktuasi tiba-tiba harga turun langsung kapok atau langsung jual," kata Farash.

Padahal, jika sudah berencana jangka panjang, kemudian produk yang kita beli harganya menurun itu bisa jadi tiket bagi investor membeli di harga rendah dengan harapan return yang tinggi.

"Kemajuan teknologi sangat pesat. Teknologi bisa digunakan untuk memantau fluktuasi harga setiap jam, atau melakukan transaksi,” ujarnya.

Ketiga, investor pemula harus jeli dalam memilih manajer investasi (MI). Penting untuk mengetahui legalitas dan track record MI. Caranya dengan mengecek di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada akhirnya, Farash menegaskan, berinvestasi harus dimulai dari sekarang. Dengan cara yang disiplin, potensi mendapat keuntungan pun semakin besar. Berinvestasi pada Avrist Ada Kas Mutiara bisa menjadi pilihan.

Bagi investor yang ingin membeli produk Reksa Dana Avrist Ada Kas Mutiara, dapat menghubungi PT Avrist Asset Management melalui telepon ke 021-252-1662 atau melalui email ke cs.avram@avrist.com.

"Kami juga bekerja sama dengan beberapa agen penjualan seperti Bareksa, Indo Premier, Bibit, Philip Sekuritas, dan sebagainya," ujar dia.