sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

RNI pelajari rencana Erick Thohir beli peternakan sapi di Belgia

Rencana pembelian peternakan sapi di Belgia ini muncul setelah Erick melihat sapi Belgian Blue yang beratnya bisa mencapai 900 kg-1,2 ton.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 29 Apr 2021 17:26 WIB
RNI pelajari rencana Erick Thohir beli peternakan sapi di Belgia

Calon induk holding pangan BUMN PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI menyampaikan tengah mempelajari rencana Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk membeli peternakan sapi di Belgia.

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan, rencana pembelian peternakan sapi di Belgia ini muncul setelah Erick melihat sapi Belgian Blue yang beratnya bisa mencapai 900 kilogram (kg) hingga 1,2 ton.

"Pak menteri (Erick Thohir) juga membuka alternatif negara lain. Kami pelajari semua," kata Arief dalam konferensi pers, Kamis (29/4).

Dia melanjutkan, pihaknya juga telah bertemu atase pertanian di Brussel, Belgia, dan meminta masukan ke akademisi serta tokoh pangan mengenai rencana ini. Menurutnya, keputusan pembelian peternakan sapi di Belgia ini masih belum final.

Sponsored

"Ini belum final, tetapi ini adalah terobosan yang harus dilakukan klaster pangan hari ini. Kami perlu terobosan dengan kami menguasai peternakan di negara penghasil sapi," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan alternatif lain dengan membawa perusahaan dari luar untuk masuk menjadi investor, baik mayoritas maupun minoritas untuk mengelola peternakan sapi di Indonesia.

"Misalnya Berdikari punya 6.000 hektare (ha) di Sidrap, apakah bisa dikerjasamakan dan lokasi lain dengan teknolgi dari teman luar seperti Belgia. Atau ke depan ada Meksiko atau Australia yang paling dekat, semua kami buka," ucapnya.

Berita Lainnya