sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Saham anjlok 24%, Telkom lakukan buyback Rp1,5 triliun

Telkom menyatakan penurunan saham perseroan sebesar 24,94% tak mencerminkan kinerja positif perseroan.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 30 Mar 2020 11:40 WIB
Saham anjlok 24%, Telkom lakukan buyback Rp1,5 triliun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) akan melakukan aksi pembelian kembali atau buyback saham perseroan yang telah anjlok 24,94% sejak awal tahun (year-to-date/ytd).

Manajemen Telkom dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (30/3) mengatakan perseroan menyiapkan dana sebanyak-banyaknya Rp1,5 triliun untuk melakukan pembelian kembali saham. Jumlah pembelian tersebut sebanyak-banyaknya 20% dari modal disetor perseroan.

"Pembelian kembali saham akan dilakukan secara bertahap dalam periode tiga bulan terhitung sejak tanggal 30 Maret 2020 sampai 29 Juni 2020," ujar manajemen Telkom.

Biaya pembelian kembali saham emiten berkode TLKM ini akan berasal dari saldo laba perseroan. Penggunaan saldo laba tersebut, kata manajemen Telkom, tidak akan menyebabkan kekayaan bersih TLKM menjadi lebih kecil dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh, ditambah cadangan wajib yang telah disisihkan.

Sponsored

"Transaksi pembelian saham kembali ini tak akan mempengaruhi pendapatan perseroan. Perseroan yakin pelaksanaan transaksi ini tak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perseroan," ujar manajemen TLKM.

Adapun pembelian kembali saham perseroan akan dilakukan pada harga yang dianggap baik dan wajar oleh manajemen TLKM dengan memperhatikan peraturan yang berlaku.

Lebih lanjut, emiten pelat merah ini mengatakan penurunan saham perseroan sebesar 24,94% tersebut tak mencerminkan kinerja positif perseroan.

Berita Lainnya