sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sandi optimistis 2021 menjadi tahun pemulihan pariwisata

Kemenparekraf juga akan menyiapkan calendar of event di setiap destinasi, terutama di lima destinasi super prioritas.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 14 Jan 2021 17:30 WIB
Sandi optimistis 2021 menjadi tahun pemulihan pariwisata
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku optimistis, 2021 menjadi tahun pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal tersebut disampaikan dalam rapat perdananya bersama anggota Komisi X DPR, Kamis (14/1).

"Dampak Covid-19 ini sangat luar biasa terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pada 2021 insya Allah menjadi tahun pemulihan," ujar Sandiaga di Jakarta, Kamis (14/1).

Politisi Partai Gerindra ini melanjutkan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, pihaknya akan melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur di lima destinasi prioritas. Lalu, Kemenparekraf juga akan menyiapkan calendar of event di setiap destinasi, terutama di lima destinasi super prioritas.

Pihaknya juga akan mendorong penerapan protokol kesehatan di bidang pariwisata, untuk memutus penyebaran Covid-19. Pariwisata dan ekonomi kreatif tidak akan bisa bangkit kalau tidak bisa menurunkan kasus Covid-19.

Sponsored

"Sebagai penyintas Covid-19, ini adalah cobaan luar biasa. Kita harus akselerasi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, dengan menurunkan risiko lonjakan kasus. Itu tidak ada toleransi," ujar dia.

Sandi juga mengatakan, akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memulai pemulihan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebab, dia mencatat sektor ini memberikan penghidupan ke 34 juta rakyat Indonesia.

"Jumlah lapangan kerja di pariwisata sekitar 12 juta hingga 13 juta, dan ekonomi kreatif antara 19 juta hingga 20 juta. Sehingga, kami menaungi hampir 34 juta rakyat Indonesia yang mencari penghidupan dan mata pencaharian di sektor parekraf," tuturnya.
 

Berita Lainnya
×
img