sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wagub: Securities Crowdfunding buka akses pendanaan UMKM di Sumut

UMKM harus diberdayakan dan dilindungi agar mampu bersaing.

 Siti Nurjanah
Siti Nurjanah Senin, 18 Okt 2021 23:01 WIB
Wagub: Securities Crowdfunding buka akses pendanaan UMKM di Sumut

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam proses pemerataan peningkatan pendapatan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kemampuan UMKM untuk bertahan dalam krisis nasional maupun global pada masa pandemi Covid-19 ini juga nyata terbukti.

"UMKM kita juga merupakan dinamisator sekaligus stabilisator perekonomian, karena UMKM memiliki keunggulan dalam pemanfaatan sumber daya alam dan padat karya. Oleh karena itu, UMKM harus diberdayakan dan dilindungi agar UMKM mampu bersanding sejajar, bahkan bersaing dengan pelaku bisnis lainnya sekaligus mampu menunjukkan perannya sebagai pelaku perekonomian baik di kancah lokal maupun nasional,” ungkap Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah pada Sosialisasi Securities Crowdfunding Wilayah Sumatera, Senin (18/10).

Untuk itu, sudah saatnya para pelaku UMKM membangun brand-brand hebat yang mengandalkan kreativitas lokal, keberagaman yang bersumber pada kekayaan alam, dan khasanah budaya Indonesia untuk menandingi dominasi brand-brand global di pasar domestik.

Saat ini Pulau Sumatera merupakan wilayah dengan penduduk terbesar kedua di Indonesia dengan 58,5 juta jiwa atau sekitar 21,68% dari jumlah penduduk Indonesia. Jumlah koperasi di Sumatera mencapai lebih kurang 25 ribu koperasi.

Khusus Sumatera Utara tercatat ada 4.593 koperasi dan jumlah UMKM sebanyak 2,8 juta unit usaha. “Ini juga merupakan potensi bagi industri dan masyarakat di Sumatera. Sejalan dengan hal ini, kami menyambut baik diadakannya Sosialisasi Securities Crowdfunding pada hari ini. Karena memang pendanaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM ini sangat dibutuhkan oleh pelaku-pelaku usaha UMKM kita dan koperasi,” ucapnya.

Securities Crowdfunding ini, kata Musa, akan membuka akses yang lebar untuk pendanaan UKM ataupun UMKM yang cepat, mudah dan murah, termasuk UMKM yang belum bankable.

“Kami mengharapkan untuk sistem pembiayaan Crowdfunding ini bisa disosialisasikan ke daerah-daerah dan ini juga sesuai dengan tagline kami dari gubernur, dan saya sebagai Wakil Gubernur'Membangun Desa, Menata Kota,' kami harap dengan mengembangkan desa, menata kota ini kami bangkit dari desa menuju ke kota,” ucapnya.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional meliputi kemampuan menyerap kurang lebih 97% dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60% lebih dari total investasi. Namun demikian, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2020 cukup memukul kelangsungan usaha para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia.

Sponsored
Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid