sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menteri Teten: UMKM harus beralih dari subsisten ke entrepreneur

Kewirausahaan menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 19 Mar 2021 19:16 WIB
Menteri Teten: UMKM harus beralih dari subsisten ke entrepreneur

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk dapat menguasai pasar lokal dan global sekaligus.

Menurutnya, UMKM harus meningkatkan kapasitasnya sehingga dapat menjadi tonggak perekonomian nasional. Apalagi, di era digital seperti saat ini, di mana persaingan dunia usaha semakin terbuka lebar. 

Teten juga mengajak pelaku UMKM mengubah pola pikir dari sekadar pengusaha subsisten atau hanya cukup untuk menghidupi diri dan keluarganya, ke pola pikir entrepreneurship atau wirausaha.

"UMKM tidak cukup menjadi UMKM as usual, harus ada nilai tambah, harus lepas dari pola pikir subsisten dan hadir sebagai wirausaha. Sekarang, sebagian besar masih berpikir subsisten hanya cukup menghidupi keluarga," katanya dalam launching M Bloc Market virtual, Jumat (19/3).

Teten mengatakan kewirausahaan menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional. Porsi UMKM mencapai 99% dari pelaku usaha di Indonesia, dengan serapan angkatan kerja nasional hingga 97%.

Dia yakin sektor UMKM dapat tumbuh lebih besar dari sisi kapasitas produksi dan pasar dengan pemanfaatan teknologi, sehingga dapat menyerap pengangguran di dalam negeri yang telah bertambah menjadi 9,77 juta di Agustus 2020.

"Tentu ini memegang peranan krusial dalam upaya memecahkan masalah pengangguran tersebut," ucapnya.

Atas dasar itulah, tambahnya, Kemenkop UKM terus berupaya memunculkan sosok-sosok local heroes UMKM. Local heroes inilah yang kemudian didorong menjadi pembawa gerbong-gerbong UMKM dalam ekosistem usaha untuk naik kelas dan masuk ke sektor formal.

Sponsored

"Saya utarakan harapan dan ajakan untuk semua yang hadir di sini, agar terus berkolaborasi, bersinergi dalam upaya bersama memulihkan, membangkitkan, dan mengembangkan UMKM Indonesia," tuturnya.

Berita Lainnya