sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Miniatur Balla Lompoa bawa Gowa raih juara umum APKASI Otonomi Expo 2022

Hadirnya miniatur warisan sejarah Kabupaten Gowa itu dinilai menarik, bahkan masuk dalam Kategori Kreatif dan Kategori Spesial Desain.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Selasa, 26 Jul 2022 10:13 WIB
Miniatur Balla Lompoa bawa Gowa raih juara umum APKASI Otonomi Expo 2022

Miniatur Balla Lompoa yang dipajang di stan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa pada pelaksanaan APKASI Otonomi Expo (AEO) 2022 berhasil meraih juara umum. Hadirnya miniatur warisan sejarah Kabupaten Gowa itu dinilai menarik, bahkan masuk dalam Kategori Kreatif dan Kategori Spesial Desain.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, miniatur Balla Lompoa sengaja ditampilkan untuk mempromosikan kepada para pengunjung AEO 2022. Ia menilai, Kabupaten Gowa memiliki sejarah dan budaya tersendiri dalam perkembangannya dari masa ke masa.

"Jadi selain kita mempromosikan produk-produk UMKM khas daerah kita, di pameran ini kita juga bisa mempromosikan budaya dan sejarah daerah kita, tujuannya untuk menggaet wisatawan datang ke daerah kita," kata Adnan di sela-sela penutupan AEO 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, dikutip Selasa (26/7).

Adnan menjelaskan, penghargaan yang berhasil diraih ini mampu memotivasi Pemkab Gowa agar pada keikutsertaannya di pameran APKASI berikutnya bisa kembali mempersembahkan sesuatu yang menarik dan kreatif.

Menurut Adnan, AEO 2022 sukses membangkitkan perekonomian pasca krisis akibat pandemi Covid-19. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya pemeritahan daerah yang ikut terlibat jika dibandingkan di tahun sebelumnya.

"Kegiatan AEO 2021 lalu hanya diikut 100 lebih peserta, maka tahun ini diikuti sebanyak 256 kabupaten di seluruh Indonesia," ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina menambahkan, Pemkab Gowa menampilkan bangunan Balla Lompoa yang menjadi sebuah kebanggaan masyarakat Kabupaten Gowa

"Kita hadir di APKASI Otonomi Expo 2022 ini untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dari UMKM dan IKM Kabupaten Gowa agar produk dalam negeri ini dikenal masyarakat di tingkat nasional," tandasnya.

Sponsored
Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid