sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Optimalkan layanan publik, Pemkot Metro evaluasi kinerja OPD 3 bulan sekali

Pada kesempatan tersebut, Qomaru juga ingin OPD lebih responsif menangani keluhan masyarakat, khususnya kebencanaan dan infrastruktur.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Rabu, 06 Apr 2022 09:57 WIB
Optimalkan layanan publik, Pemkot Metro evaluasi kinerja OPD 3 bulan sekali

Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman meminta OPD menerapkan target dalam setiap eksekusi program yang bersinggungan langsung dengan kepentingan publik. Pasalnya, pembangunan layanan publik sangat ditunggu oleh masyarakat dan menjadi sektor prioritas kepemimpinannya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala OPD berkomitmen melaporkan pencapaian kinerja setiap 3 bulan sekali agar cepat dievaluasi hingga menghasilkan pembangunan yang optimal.

“Kita harus perduli karena masyarakat sudah menunggu apa yang dilakukan terhadap kota ini. Ada dua hal yang harus disepakati pada Rakor ini, pertama kita semua yang hadir dapat bertanggung jawab sesuai tupoksi. Kedua harus mempunyai target dalam setiap tujuan, jangan sampai lalai,” kata Qomaru saat Rapat Koordinasi dengan seluruh jajaran Pemkot Metro, Selasa (5/4).

Pada kesempatan tersebut, Qomaru juga ingin OPD lebih responsif menangani keluhan masyarakat, khususnya kebencanaan dan infrastruktur penghubungan. Ia tidak ingin masyarakat menunggu lama dan meras dirugikan.

“Adapun beberapa keluhan masyarakat saat ini terkait banjir, kerusakan gorong-gorong, kerusakan jalan, telah mendapatkan respon cepat dari OPD terkait. Hal seperti inilah yang harus cepat direspon dan ditangani. Termasuk jajaran Polisi Pamong Praja yang terus melakukan penertiban,” katanya.

Ia juga tidak lupa mengapresiasikan kepada OPD yang telah melakukan hal-hal yang baik, diantanya pemanfaatan program PKK dengan Waktu Kunjung Cari Data dan Informasi (Wakuncar).

“Khusus untuk Dinkes, ajak seluruh jajaran Puskesmas menjaga sarana kesehatan dan optimalisasikan home care pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. Kepada camat dan lurah, pantau terus pemberdayaan masyarakat melalui kampung dan pasar kreatifnya, yang bisa dijadikan ajang silaturahmi dan peningkatan ekomoni,” jelasnya.

Terakhir, Qomaru juga meminta kepada Diskominfo terus mempublikasikan informasi-informasi kuat, cepat dan tepat sebagai agenda branding Pemerintah Kota Metro.

Sponsored

“Sehingga kedepannya, Kota Metro menjadi kota yang terhormat dan martabat. Mari kita bersama-sama bangun Kota Metro dengan lebih terhormat dan martabat,” tutupnya.

Berita Lainnya
×
tekid