sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Target zero ODOL, Dishub Kukar giat uji kir kendaraan

Pemkab Kukar telah menggelar razia di 10 titik kecamatan di Kukar selama 2022.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Selasa, 20 Sep 2022 16:01 WIB
Target zero ODOL, Dishub Kukar giat uji kir kendaraan

Dinas Perhubungan Kutai Kartanegara (Dishub Kukar) menggenjot uji kir bagi kendaraan wajib uji dengan menggandeng Satlantas Polres Kukar yang rutin menggelar razia. Upaya ini untuk mencapai target zero Over Dimension Over Loading (ODOL) atau kendaraan melebihi kapasitas.

“(Berjalan) efektif ditandai dengan bertambah uji kir, terlihat peningkatan,” kata Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaedi, Senin (19/9).

Junaedi mengatakan pihaknya telah menggelar razia di 10 titik kecamatan di Kukar selama 2022. Hasilnya, terjadi peningkatan 30% dari sekitar 22 ribu wajib uji, sebanyak 12 ribu kendaraan yang melakukan pengujian.

"Tinggal 10 ribuan wajib uji lagi yang akan dioptimalkan Dishub Kukar," terangnya.

Sponsored

Pemkab Kukar akan melakukan jemput bola dengan menguji keliling ke kecamatan-kecamatan. Sebelumnya, Junaedi menyebut pihaknya telah jemput bola di Kecamatan Kembang Janggut dan Muara Jawa.

“Kalau kita paling utama keselamatan transportasi, ikutannya baru PAD,” imbuhnya.

Terlebih, saat ini uji kir menjadi salah satu syarat penggunaan fuel card untuk pengisian solar bersubsidi oleh Pertamina. Sehingga, Pemkab Kukar makin berupaya meningkatkan layanan ini untuk mempermudah masyarakat.

Berita Lainnya
×
tekid