sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

AS sumbang 83 ventilator untuk Jateng

Ventilator bantuan AS untuk mendukung rumah sakit di Jawa Tengah.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 16 Nov 2020 15:33 WIB
AS sumbang 83 ventilator untuk Jateng
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

Duta Besar Amerika Serikat (AS) Sung Y. Kim menyerahkan 83 ventilator untuk digunakan di Jawa Tengah (Jateng). Menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar AS untuk Indonesia pada Senin (16/11), ventilator tersebut merupakan bagian dari 1.000 ventilator yang telah disumbangkan Negeri Paman Sam kepada Indonesia melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk membantu melawan Covid-19.

"Ini mencerminkan komitmen AS untuk bermitra dengan Indonesia dalam menanggulangi Covid-19. Ventilator ini akan mendukung rumah sakit di Jawa Tengah dalam merawat pasien yang sakit. Kami bangga dapat bekerja sama dalam pencegahan penyakit, diagnostik, dan pengembangan kapasitas," ujar Dubes Kim.

Ventilator bantuan AS tersebut mudah dapakai dan dipindahkan, serta dapat mendukung aplikasi invasif dan noninvasif  yang memberikan fleksibilitas kepada Indonesia dalam perawatan pasien Covid-19.

Bantuan pemerintah AS yang diberikan termasuk garansi dan pengiriman. Bahkan USAID Washington turut mendanai pelatihan bagi tenaga kesehatan tentang cara menggunakan peralatan serta prosedur pengoperasiannya, termasuk pemeliharaan sehingga rumah sakit dapat merawat lebih banyak pasien.

Sponsored

Selain donasi ventilator, total bantuan darurat AS untuk mendukung perjuangan Indonesia melawan Covid-19 adalah sekitar Rp187 miliar.

Berita Lainnya