close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Foto: Pixabay
icon caption
Ilustrasi. Foto: Pixabay
Dunia
Senin, 19 Februari 2024 19:25

Badai petir dahsyat di Sydney, empat orang tersambar

Cuaca buruk telah mempengaruhi peralatan kereta api di Sydney Utara karena tidak ada kereta yang beroperasi.
swipe

Badai petir dahsyat terjadi di dekat Sydney Opera House pada hari Senin (19/2). Petugas penyelamat melaporkan dalam situasi itu, empat orang menjadi korban sambaran petir.

Menurut petugas penyelamat, seperti dikutip Dailysabah, empat korban berada di bawah pohon di Botanic Gardens. Mereka berada di lokasi itu untuk mencari perlindungan.

Insiden ini terjadi tidak jauh dari mahakarya arsitektur tepi pelabuhan yang ikonik.  “Mereka semua sempat kehilangan kesadaran,” kata Dominic Wong dari Layanan Ambulans New South Wales.

Mereka juga menderita luka bakar dan menunjukkan gejala penyakit jantung, katanya kepada wartawan.

Para korban, dua pria dan dua wanita berusia akhir remaja hingga 30-an, dirawat di tempat kejadian oleh paramedis dan dibawa ke rumah sakit Sydney dalam kondisi “serius dan stabil”, katanya. Insiden terjadi pukul 12.45.

Apakah cedera tersebut disebabkan oleh sambaran petir langsung atau karena berada di bawah pohon saat tersambar petir, masih “belum jelas pada saat ini”, kata petugas.

Keempat pasien tersebut menderita “beberapa luka bakar” akibat sambaran petir. Mereka dimonitor untuk masalah jantung.

Cuaca buruk telah mempengaruhi peralatan kereta api di Sydney Utara karena tidak ada kereta yang beroperasi antara stasiun tersebut dan Gordon.

Badai kilat itu juga membuat landasan pacu di Bandara Sydney sebelumnya hampir terhenti karena lebih dari 30 keberangkatan dibatalkan dan 340 layanan masuk dan keluar ditunda.

Penundaan terkadang melebihi satu jam untuk penerbangan yang tiba. Sementara itu dilaporkan lebih dari 10.000 rumah tangga dan bisnis kehilangan aliran listrik di pinggiran utara.

Pada Senin sore, ahli meteorologi Weatherzone Ben Domensino melaporkan ada sekitar 75.000 sambaran petir terdeteksi dalam radius 100 km dari Sydney.

Layanan Darurat Negara Bagian NSW (SES) mendesak masyarakat di bagian timur negara bagian itu untuk tetap mematuhi peringatan cuaca di tengah badai petir hebat dan prakiraan hujan lebat, yang dapat menyebabkan banjir bandang di daerah dataran rendah.

Asisten komisaris SES NSW, Sean Kearns, mengatakan ada potensi jatuhnya benda berat sebesar 50 hingga 100 mm.

“SES NSW telah mengerahkan personel di seluruh kawasan, dan kami memiliki sumber daya yang cukup untuk menanggapi setiap permintaan bantuan,” kata Kearns.

“Saya akan mendorong masyarakat untuk mengikuti saran dari petugas layanan darurat di lapangan dan tidak berkendara melewati air banjir.”

Badai yang hampir tidak bergerak juga menyebabkan hujan lebat di Blacksmiths di Newcastle dengan curah hujan sebesar 65 mm dalam waktu kurang dari enam jam.

Badai yang melanda Sydney menyebabkan peringatan badai petir parah di wilayah dekat Orange, Mudgee, dan Bathurst.

Peringatan badai petir hebat lainnya juga diberlakukan di wilayah utara NSW mulai dari Taree dan Kempsey di sepanjang pantai, hingga Coonabarabran dan Inverell di pedalaman.

Badai tersebut kemungkinan besar akan menghasilkan angin yang merusak, hujan es besar, dan hujan deras yang diperkirakan akan menyebabkan banjir bandang pada Senin sore.(guardian, dailysabah)

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan