sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bos mafia buron No 1 Italia, akhirnya ditangkap setelah 30 tahun sembunyi

Messina Denaro ditangkap, Senin (16/1) di klinik tempat dia menerima perawatan untuk kondisi medis yang dirahasiakan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 16 Jan 2023 20:21 WIB
Bos mafia buron No 1 Italia, akhirnya ditangkap setelah 30 tahun sembunyi

Buronan Italia, Matteo Messina Denaro, ditangkap di sebuah klinik swasta di Palermo, Sisilia. Messina bukan penjahat biasa. Ia adalah buron kelas wahid Negeri Pizza itu. Selama tiga dekade, bos mafia tersebut hidup dalam pelarian.

Messina Denaro ditangkap, Senin (16/1) di klinik tempat dia menerima perawatan untuk kondisi medis yang dirahasiakan, kata Jenderal Carabinieri Pasquale Angelosanto, yang mengepalai regu operasi khusus kepolisian.

Dalam foto polisi yang memperlihatkan dia duduk di mobil polisi, Messina Denaro mengenakan jaket kulit coklat dan topi tengkorak putih serta kacamata berwarna khasnya. Wajahnya terlihat lesu. Dia dibawa ke lokasi rahasia oleh polisi segera setelah penangkapan, lapor televisi pemerintah Italia.

Messina sekarang berusia 60 tahun. Messina Denaro, yang memiliki basis kekuatan di kota pelabuhan Trapani, di Sisilia barat, dianggap sebagai bos puncak Cosa Nostra di Sisilia bahkan saat menjadi buronan.

Dia adalah buronan terakhir dari tiga bos Mafia tingkat atas yang telah lama lolos dari penangkapan.

Messina Denaro, yang diadili secara in absentia dan dihukum karena puluhan pembunuhan, menghadapi beberapa hukuman seumur hidup.

Dia akan dipenjara karena dua pemboman di Sisilia pada tahun 1992 yang membunuh jaksa penuntut anti-Mafia, Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino. Di antara kejahatan mengerikan lainnya yang dia lakukan adalah pembunuhan seorang anak laki-laki pengkhianat Mafia, yang dicekik dan tubuhnya dilarutkan dalam tong asam.

Penangkapan hari Senin terjadi 30 tahun dan sehari setelah 15 Januari 1993, penangkapan pada tahun 1993 atas terpidana "bos dari bos" Salvatore "Toto" Riina, di sebuah apartemen Palermo setelah 23 tahun dalam pelarian. Messina Denaro bersembunyi pada musim panas di tahun yang sama, saat negara Italia melakukan tindakan keras terhadap sindikat kejahatan Sisilia setelah pembunuhan Falcone dan Borsellino.

Sponsored

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni tweeted bahwa penangkapan Messina Denaro adalah "kemenangan besar negara, yang menunjukkan bahwa itu tidak menyerah di hadapan Mafia."

Bos Mafia Italia yang memecahkan rekor buronan terlama adalah Bernardo Provenzano, yang ditangkap di sebuah rumah pertanian dekat Corleone, Sisilia, pada 2006 setelah 38 tahun sebagai buronan. Setelah Provenzano berada di tangan polisi, perburuan difokuskan pada Messina Denaro, tetapi meskipun banyak laporan penampakan bos, dia berhasil menghindari penangkapan, hingga Senin ini, pelariannya selama 30 tahun harus berakhir.

Bahwa ketiga bos teratas akhirnya ditangkap di jantung Sisilia saat mereka menjalani kehidupan klandestin selama beberapa dekade tidak akan mengejutkan polisi dan jaksa Italia. Penegak hukum telah lama mengatakan bahwa bos semacam itu mengandalkan kontak dan kerahasiaan sesama mafia dan melibatkan anggota keluarga untuk memindahkan buronan dari tempat persembunyian ke tempat persembunyian, menyediakan kebutuhan dasar, seperti makanan dan pakaian bersih serta komunikasi, dan kode bungkam yang dikenal sebagai “omerta .”(nzherald)

Berita Lainnya
×
tekid