sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

China, Vietnam harus menghindari memperbesar sengketa Laut Cina Selatan

China mengatakan memiliki kedaulatan historis atas sebagian besar jalur air, tetapi tetangganya dan AS mengatakan klaim itu tidak berdasar.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 11 Sep 2021 16:21 WIB
China, Vietnam harus menghindari memperbesar sengketa Laut Cina Selatan

China dan Vietnam harus menahan diri dari tindakan sepihak terkait Laut China Selatan yang dapat memperumit situasi dan memperbesar perselisihan.

Hal itu dikatakan diplomat senior China Wang Yi kepada seorang pejabat Vietnam, kata kementerian luar negeri China, Sabtu (11/9).

Anggota Dewan Negara Wang berbicara dengan Wakil Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh selama kunjungan ke Vietnam, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

China mengatakan memiliki kedaulatan historis atas sebagian besar jalur air, tetapi tetangganya dan Amerika Serikat mengatakan klaim itu tidak memiliki dasar dalam hukum internasional, termasuk Konvensi PBB tentang Hukum Laut 1982, yang ditandatangani China.

Sponsored

Wang mengatakan kedua negara harus menghargai perdamaian dan stabilitas yang diraih dengan susah payah yang dicapai di Laut China Selatan dan waspada untuk melawan intervensi pasukan ekstrateritorial, kata pernyataan kementerian itu.

Pada hari Jumat, Vietnam mengatakan China akan menyumbangkan 3 juta lebih dosis vaksin COVID-19 ke Vietnam tahun ini, meningkatkan total sumbangan vaksin China ke negara Asia Tenggara menjadi 5,7 juta dosis.(asia.nikkei)

Berita Lainnya