sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

HUT ke-74 RI, berikut ucapan dari para negara sahabat

Perwakilan diplomatik Rusia hingga India tidak ketinggalan mengucapkan selamat HUT ke-74 RI.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 17 Agst 2019 16:01 WIB
HUT ke-74 RI, berikut ucapan dari para negara sahabat

Perwakilan diplomatik dari negara-negara sahabat tidak ketinggalan mengucapkan selamat HUT ke-74 RI. Salah satunya, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

"Kepada seluruh bangsa dan rakyat Indonesia, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Proklamasi Kemerdekaan! Semoga sukses dan sejahtera," tutur Dubes Vorobieva.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan pun menyampaikan selamat HUT ke-74 RI via Twitter.

Ucapan selamat HUT ke-74 RI dilayangkan pula oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof melalui sebuah video singkat yang dibagikan di Twitter.

"Indonesia adalah negara luar biasa dengan masa depan yang juga luar biasa. Jerman selalu berada di sisi Anda dan mendukung Anda menghadapi tantangan di masa depan," tutur Dubes Schoof.

Sponsored
— Ambassador Peter Schoof (@GermanAmbJaka) August 17, 2019

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vergard Kaale mengucapkan selamat HUT ke-74 RI lewat twit singkat berbahasa Indonesia.

Adapun dalam ucapan selamat HUT ke-74 RI, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom mengatakan bahwa Bhinneka Tunggal Ika merupakan kekuatan Indonesia. Dia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan Korea Selatan untuk bekerja sama.

"Korea Selatan akan berjalan bersama Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah," kata dia.

Pada Kamis (15/8), Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menyampaikan HUT ke-74 RI melalui rekaman video. Dia menyatakan bahwa sumber daya manusia yang unggul akan mendorong pertumbuhan Indonesia.

"Pesatnya laju pembangunan, ekonomi, infrastruktur dan SDM adalah jembatan emas menuju Indonesia yang adil dan makmur," ungkap Dubes Jenkins. "Inggris bangga menjadi bagian penting dari pembangunan Indonesia."

Kedutaan Besar Selandia Baru turut serta mengucapkan selamat HUT ke-74 RI lewat cara yang cukup menarik. Mereka mentwit gambar burung kiwi yang sedang mengikuti lomba makan kerupuk.

Melalui perwakilan diplomatiknya di Indonesia, India, yang merayakan Hari Kemerdekaannya pada 15 Agustus mengucapkan selamat HUT ke-74 RI. 

Sementara itu, Kedutaan Besar Prancis menyampaikan ucapan selamat HUT ke-74 RI pada Kamis lalu.

"Kedutaan Besar Prancis di Indonesia mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Hidup persahabatan Prancis-Indonesia!," bunyi twit tersebut.