logo alinea.id logo alinea.id

Kematian tragis kembali menimpa keluarga Kennedy

Kematian Saoirse Kennedy Hill pada Kamis (1/8), menambah panjang daftar anggota keluarga Kennedy yang tewas dengan tragis.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 02 Agst 2019 18:47 WIB
Kematian tragis kembali menimpa keluarga Kennedy

Saoirse Kennedy Hill, cucu mendiang calon Presiden Amerika Serikat Robert F. Kennedy, dinyatakan tewas. Layanan darurat dipanggil ke kediaman keluarga Kennedy di Hyannis Port, Massachusetts, pada Kamis (1/8). Gadis 22 tahun itu dinyatakan meninggal di Rumah Sakit Cape Cod.

Kediaman keluarga itu merupakan tempat presiden ke-35 AS John F. Kennedy atau yang dikenal dengan akronim JFK, biasa berlibur pada 1960-an. 

Ibu Saoirse, Courtney Kennedy Hill, merupakan putri kelima dari 11 anak Robert F. Kennedy dan istrinya, Ethel Kennedy. Saoirse sendiri adalah anak tunggal dari pasangan Courtney dan Paul Michael Hill.

"Hati kami hancur atas kematian Saoirse yang kami cintai. Hidupnya dipenuhi dengan harapan dan cinta," tutur tante Saoirse, Kerry Kennedy, di Instagram.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang kematian Saoirse, meskipun sejumlah media AS melaporkan bahwa dia tewas akibat overdosis.

Gadis berusia 22 tahun itu sedang menempuh pendidikan di Boston College dan dilaporkan mengalami depresi.

Sponsored

"Depresi saya dimulai pada awal SMP dan akan menyertai saya selama sisa hidup saya," tulisnya di surat kabar sekolahnya pada 2016.

Kematian Saoirse menambah serangkaian tragedi yang menimpa keluarga Kennedy selama beberapa generasi. Banyak pihak yang menilai bahwa keluarga itu mengalami lebih dari sekadar nasib buruk.

Tragedi kematian yang paling dikenal publik merupakan pembunuhan yang menimpa keluarga Kennedy. Baik JFK maupun adiknya, Robert F. Kennedy, tewas karena dibunuh.

JFK ditembak di Dallas pada 22 November 1963. Sedangkan Robert F. Kennedy ditembak lima tahun kemudian saat tengah berkampanye di Los Angeles.

Dua dekade lalu, kecelakaan pesawat menewaskan putra JFK, John F. Kennedy Jr. Pesawat yang dikemudikan oleh JFK Jr. jatuh ke Samudera Atlantik. Istrinya, Carolyn Kennedy, dan ipar perempuannya Lauren Bessette turut tewas dalam insiden itu. 

Sebelumnya pada 1964, saudara laki-laki JFK, Ted Kennedy, selamat dari kecelakaan pesawat yang menewaskan dua orang. Dia sedang dalam penerbangan dari Washington ke Massachussetts ketika pesawat itu jatuh. 

Ted Kennedy hanya menderita patah tulang belakang dan tulang rusuk. Menurut para penyelidik, kecelakaan itu terjadi karena kesalahan pilot.

Kemudian ada pula bencana pada 1944 yang menewaskan saudara lelaki tertua JFK, Joe Kennedy Jr. Kecelakaan itu terjadi saat dia menjadi pilot misi pengeboman di Prancis dalam Perang Dunia II. Dalam misi itu, dua ledakan yang terjadi di dalam pesawatnya menewaskan kedua pilot. Hingga kini belum diketahui penyebab ledakan tersebut.

Empat tahun setelah kematian Joe Kennedy Jr., sebuah pesawat kecil jatuh saat melewati badai yang melanda Prancis. Kecelakaan pesawat itu menewaskan saudara perempuan JFK, Kathleen Kennedy, yang saat itu berusia 28 tahun.

Pada 1984, David Kennedy, salah satu putra Robert F. Kennedy, meninggal di sebuah hotel di Florida akibat overdosis narkoba. Saat masih kecil, dia dilaporkan menyaksikan pembunuhan ayahnya melalui siaran langsung TV. Dan setelahnya, saat dewasa, dia berjuang untuk mengatasi kecanduan akan obat-obatan terlarang.

Michael Kennedy, putra lain dari Robert F. Kennedy, meninggal pada 1997 dalam kecelakaan ski di Colodaro. The New York Times melaporkan bahwa dia mengalami kecelakaan saat berski menuruni gunung. Ayah tiga anak itu tewas saat berusia 39 tahun.

Pada 1941, saudara perempuan JFK, Rosemary Kennedy, menjalani operasi otak yang dikenal dengan nama lobotomi prefrontal. Namun, sayangnya operasi itu hanya memperburuk kondisinya dan menyebabkan dia dirawat hingga kematiannya pada 2005 di usia 86 tahun.

Tragedi lain melanda keluarga Kennedy pada 1963. Saat itu, JFK dan ibu negara, Jacqueline Kennedy kehilangan bayi mereka. Anak ketiga mereka, Patrick, lahir hampir enam minggu lebih awal dari yang diperkirakan.

Patrick bertahan selama kurang dari dua hari dan kemudian meninggal. Bayi itu dimakamkan di kuburan keluarga di Pemakaman Nasional Arlington di Virginia.

Kanker juga berperan dalam tragedi keluarga Kennedy. Pada 1973, kaki kanan dari putra Ted Kennedy yang berusia 12 tahun, Edward Jr., harus diamputasi karena penyakit kanker tulang.

Pada 2009, Edward Jr. menolak pernyataan yang menyebut bahwa ada semacam kutukan yang selama ini menimpa keluarga Kennedy.

"Keluarga Kennedy harus menanggung sejumlah tragedi secara terbuka. Tapi keluarga kami sama seperti setiap keluarga lain di AS," kata dia.

Pada 2008, dokter mendiagnosis Ted Kennedy menderita tumor otak ganas dan dia menjalani operasi pada tahun yang sama. Dia meninggal lebih dari setahun kemudian pada usia 77 tahun. (BBC dan CNN)