sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ledakan besar guncang Beirut, 1 WNI terluka

Lokasi ledakan berdekatan dengan Downtown Beirut, 7 km dari KBRI.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Rabu, 05 Agst 2020 09:32 WIB
Ledakan besar guncang Beirut, 1 WNI terluka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 266845
Dirawat 60431
Meninggal 10218
Sembuh 196196

Telah terjadi ledakan sangat besar di Port of Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) pukul 18.02 waktu setempat. Ledakan dahyat tersebut mengakibatkan 78 orang meninggal dan 4000 lainnya luka-luka.

Reuters menyebut, ledakan itu berasal dari 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan selama enam tahun di gudang tempat meniyimpan bahan peledak di Beirut.

Atas kejadian itu, Pemerintah Indonesia menyampaikan simpati kepada Pemerintah Lebanon dan juga belasungkawa kepada keluarga korban.

"Lokasi ledakan berdekatan dengan Downtown Beirut dan berjarak sekitar 7 km dari KBRI Beirut. Sejauh ini belum ada keterangan resmi penyebab ledakan," bunyi keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam rilisnya, Rabu (5/8). 

Sponsored

Kemlu menyebut ledakan tersebut melukai satu WNI yang telah berhasil dikontak KBRI Beirut. "Saat ini dalam kondisi stabil serta dapat berkomunikasi dengan baik. KBRI akan terus melakukan pendampingan kepada yang bersangkutan hingga pulih," lanjut Kemlu.

KBRI Beirut telah melakukan koordinasi dengan otoritas setempat dan melakukan pengecekan kepada WNI lainnya yang berada di Beirut.

"Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI, 1.234, di antaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa," pungkasnya.

Berita Lainnya
×
img