sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bentrokan berdarah di Tripoli Libya, 27 tewas, 106 luka-luka

Sejak Senin malam, bentrokan bersenjata telah berlangsung di ibu kota Libya.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Rabu, 16 Agst 2023 16:27 WIB
Bentrokan berdarah di Tripoli Libya, 27 tewas, 106 luka-luka

Sedikitnya 27 orang tewas dalam bentrokan bersenjata di ibu kota Libya yang meletus Senin malam. Pusat Pengobatan dan Dukungan Darurat pemerintah Libya menyatakan pada hari Selasa bahwa mereka mencatat 27 kematian dan 106 luka-luka di Tripoli.

"Kru pusat berhasil mengevakuasi 234 keluarga dari daerah bentrokan," kata Pusat Pengobatan itu.

Sejak Senin malam, bentrokan bersenjata telah berlangsung di ibu kota Libya antara Pasukan Pencegahan Khusus yang berafiliasi dengan Dewan Kepresidenan dan Brigade 444 Pemerintah Persatuan Nasional.

Bentrokan meletus setelah Mahmoud Hamza, komandan Brigade 444, ditangkap oleh Pasukan Pencegahan Khusus di Bandara Internasional Mitiga di Tripoli.

Sponsored

Sebelumnya pada hari Selasa, juru bicara Pemerintah Persatuan Nasional Libya, Mohamed Hammouda, mengatakan kepada Anadolu bahwa Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibeh telah setuju dengan tokoh-tokoh lokal di daerah Souq al-Jumaa di Tripoli untuk melakukan gencatan senjata dengan menyerahkan komandan Brigade 444 ke pihak netral.

Souq al-Jumaa adalah salah satu wilayah terbesar di ibu kota, Tripoli, dan komandan Pasukan Pencegahan Khusus, Abdul Raouf Kara, berasal dari situ.

Pada 28 Mei, Tripoli dilanda bentrokan yang berlangsung berjam-jam antara kedua kelompok atas penahanan seorang anggota terkemuka Brigade ke-444.(anadolu)

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid