sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Masuk 6 nominasi Oscar 2020, Parasite catat sejarah

Parasite yang disutradarai Bong Joon-ho rilis di Korea Selatan pada Mei 2019.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 14 Jan 2020 16:16 WIB
Masuk 6 nominasi Oscar 2020, Parasite catat sejarah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 271339
Dirawat 61628
Meninggal 10308
Sembuh 199403

Film bergenre dark comedy "Parasite" berhasil meraih enam nominasi dalam Oscar 2020. Pencapaian bersejarah itu merupakan yang pertama dalam industri film Korea Selatan dan dianggap sebagai pertanda bahwa perbedaan bahasa tidak lagi menghalangi kesuksesan global.

Sutradara "Parasite" Bong Joon-ho mengatakan, dia terkejut sekaligus sangat gembira ketika tahu bahwa filmnya mendapat sejumlah nominasi.

Film yang dirilis di Korea Selatan pada Mei 2019 itu menyabet nominasi kategori Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, Best International Feature, Best Editing, dan Best Production Design.

"Setiap kali mereka mengumumkan nominasi baru, itu sangat menegangkan karena kami benar-benar tidak mengantisipasi hal ini," tutur Bong Joon-ho kepada Reuters dalam sebuah wawancara di California, Amerika Serikat.

Dia sebelumnya sempat mengungkapkan tantangan yang dihadapi film-film internasional untuk memecahkan hambatan bahasa di seluruh dunia.

"Kita dapat mengatakan bahwa berkat internet, media sosial, dan layanan streaming, masyarakat dapat mengatasi hambatan bahasa. Mungkin 'Parasite' diuntungkan dari tren global itu," kata dia.

Film-film yang bersaing dengan "Parasite" untuk meraih best picture di Oscar 2020 termasuk "Joker", "The Irishman", hingga "Once Upon a Time in Hollywood".

Meskipun prestasi "Parasite" menggambarkan bahwa Oscar 2020 mempertimbangkan keragaman ras dan bahasa, keragaman gender dinilai masih menjadi persoalan.

Sponsored

Pasalnya, dalam perlombaan Oscar 2020, tidak ada wanita yang dinominasikan dalam kategori Best Director. Untuk ke-87 kalinya, nominasi kategori itu hanya diisi oleh pria meskipun "Little Women", film adaptasi yang disutradarai Greta Gerwig, mendapatkan nominasi dalam kategori Best Picture dan Best Adapted Screenplay.

Gerwig mendapatkan nominasi kategori Best Director untuk "Lady Bird" pada Oscar 2018, satu-satunya nominasi untuk sutradara wanita dalam 10 tahun terakhir.

Hanya ada lima wanita yang masuk nominasi sutradara terbaik dalam sejarah 92 tahun Oscar dengan hanya satu pemenang yakni Kathryn Bigelow untuk "The Hurt Locker" pada 2010.

Kritikus film Larushka Ivan-Zadeh mengaku terkejut dengan daftar nominasi Oscar 2020 karena menurut dia ada banyak sekali film-film inspiratif yang disutradarai oleh wanita sepanjang 2019.

"Semoga (nominasi Oscar) ini tidak mematahkan semangat para sutradara wanita," kata dia.

Dalam kategori Best Lead Actress, Cynthia Erivo menjadi satu-satunya wanita nonkulit putih yang mendapatkan nominasi berkat penampilannya di "Harriet".

Selama 10 tahun terakhir dan dari 200 orang yang mendapatkan nominasi dalam empat kategori akting, hanya 26 aktor/aktris nonkulit putih yang meraih nominasi dengan hanya tujuh yang memenangkan penghargaan di kategori masing-masing.

Tagar #OscarsSoWhite mulai ramai pada 2015-2016 ketika tidak ada nominasi nonkulit putih dalam kategori akting selama dua tahun berturut-turut. Penyelenggara Oscars, Academy of Motion Picture Arts and Sciences, menyatakan bahwa mereka telah mengambil langkah-langkah untuk memperluas keanggotaan dewan juri demi mengatasi problem terkait kurangnya keragaman. (Al Jazeera dan BBC)

Berita Lainnya
×
img