logo alinea.id logo alinea.id

Oscars 2019 akan digelar tanpa pemandu acara

Malam puncak penganugerahaan Piala Oscar akan berlangsung pada 24 Februari di Los Angeles.

Valerie Dante Rabu, 06 Feb 2019 15:28 WIB
Oscars 2019 akan digelar tanpa pemandu acara

Untuk kedua kalinya, malam puncak penganugerahan Academy Awards ke-91, dipastikan akan berlangsung tanpa adanya pemandu acara. Hal ini dikonfirmasi oleh Presiden ABC Entertainment Karey Burke pada Selasa (5/2).

Selama 91 tahun sejarah penyelenggaraannya, perhelatan ini baru pernah berjalan tanpa pemandu acara pada 1989.

Hanya tiga pekan sebelum penghargaan industri perfilman itu, Burke mengungkapkan bahwa hanya akan ada pembaca nominasi penghargaan tanpa pembawa acara.

ABC, unit perusahaan Walt Disney, telah menyiarkan penghargaan Oscar setiap tahunnya dan terlibat dalam pelaksanaan acaranya.

Awalnya, pihak penyelenggara menunjuk komedian Kevin Hart sebagai pemandu acara. Namun, Hart memutuskan untuk mundur setelah twit lamanya yang berbau homofobia kembali menyeruak ke permukaan.

Sejak Hart mengundurkan diri, tidak ada pengganti yang diumumkan dan belum ada pernyataan resmi terkait penyelenggaraan acara.

Burke mengatakan, keputusan itu diambil setelah pihak penyelenggara tidak dapat menemukan solusi dari kekacauan pengunduran diri Hart.

"Setelah itu, cukup jelas bahwa kami akan tetap berjalan dan hanya menjadikan pembaca nominasi untuk memandu jalannya Oscars," tutur Burke kepada wartawan dalam pertemuan Television Critics Association di Pasadena, Los Angeles, Amerika Serikat.

Dia mengatakan, Academy of Motion Picture Arts and Sciences, yang mengorganisir jalannya Academy Awards meminta ABC untuk mempersingkat durasi siaran malam penganugerahan menjadi tiga jam. Waktu itu sekitar 30 menit lebih pendek dibandingkan durasi siaran pada tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi, menurut saya, para produser mengambil keputusan yang tepat untuk tidak mengikutsertakan pembawa acara dan hanya menjadikan pembaca nominasi serta film-film yang dinominasikan sebagai bintang utama," imbuhnya.

Biasanya, pemandu acara Academy Awards akan membuka perhelatan dengan monolog komedi yang berfokus pada industri perfilman, selebritas, serta masalah budaya dan politik.

Pada akhir pekan ini, Burke akan bertemu dengan produser acara untuk membahas pembukaan acara yang menarik.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penonton Oscars menurun dengan perhelatan pada 2018 hanya menarik 26,5 juta penonton. Itu merupakan jumlah terkecil selama sejarah acara.

"Kurangnya kepastian mengenai Oscars telah menjadikannya topik pembicaraan dan misteri yang menyelimutinya ini dianggap menarik. Orang-orang sangat peduli," katanya.

Film drama Meksiko, Roma, dan komedi sejarah Inggris, The Favorite, memimpin perlombaan dengan mendapatkan masing-masing 10 nominasi.

Tiga nominasi film terbaik lainnya, Black Panther, A Star is Born, dan Bohemian Rhapsody masing-masing telah meraup lebih dari US$200 juta hanya dari hasil penjualan tiket di Amerika Utara.

"Saya pikir kita akan menarik jumlah penonton yang besar karena film-film populer yang dinominasikan," jelasnya. 

Malam puncak penganugerahaan Piala Oscar akan berlangsung pada 24 Februari di Los Angeles pukul 20.00 waktu setempat.



Sumber : Reuters

Cinta bersemi dari aplikasi

Cinta bersemi dari aplikasi

Jumat, 15 Feb 2019 12:59 WIB