sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polisi memburu pelaku penembakan massal di Lewiston

Para pejabat mengatakan banyak korban namun menolak memberi angka pasti.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Kamis, 26 Okt 2023 15:34 WIB
Polisi memburu pelaku penembakan massal di Lewiston

Ratusan polisi menyebar di seluruh negara bagian Maine untuk memburu seorang pria yang dicari sehubungan dengan penembakan massal di sebuah bar dan arena bowling di Kota Lewiston. Sementara media melaporkan jumlah korban tewas berkisar antara 16 hingga 22, dan puluhan lainnya terluka.

Para pejabat mengatakan banyak korban namun menolak memberi angka pasti.

Polisi negara bagian dan lokal mengidentifikasi Robert R. Card, 40, yang dilaporkan telah dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental selama musim panas, sebagai orang yang berkepentingan dalam kasus tersebut. 
Sebelumnya, mereka memposting di Facebook foto-foto seorang pria berjanggut dengan hoodie coklat dan celana jins di salah satu tempat kejadian perkara, memegang senjata semi-otomatis dalam posisi menembak.

"Kami memiliki ratusan petugas polisi yang bekerja di seluruh negara bagian Maine untuk menyelidiki kasus ini guna menemukan Mr. Card, yang merupakan orang yang dicari," kata Komisaris Keamanan Publik Maine Mike Sauschuck pada konferensi pers.

Polisi menemukan sebuah SUV putih yang mereka yakini dikendarai Card ke kota Lisbon, sekitar 7 mil (11 km) ke arah tenggara, dan Sauschuck mengatakan orang-orang diminta untuk tetap berada di dalam rumah di Lewiston dan Lisbon.

Beberapa media melaporkan bahwa buletin penegakan hukum Maine mengidentifikasi Card sebagai instruktur senjata api terlatih dan anggota cadangan Angkatan Darat AS yang baru-baru ini melaporkan bahwa dia memiliki masalah kesehatan mental, termasuk mendengar suara-suara. Dikatakan juga bahwa dia mengancam akan menembak pangkalan Garda Nasional.

"Card juga dilaporkan telah dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental selama dua minggu selama musim panas 2023 dan kemudian dibebaskan," demikian pemberitahuan dari Pusat Informasi & Analisis Maine.

Reuters tidak dapat mengotentikasi buletin tersebut. Associated Press melaporkan bahwa dokumen tersebut diedarkan ke petugas penegak hukum.

Sponsored

Tentara tidak segera menanggapi permintaan informasi tentang Card, termasuk rincian catatan dinasnya.

Pertumpahan darah mengguncang negara bagian Maine yang sebagian besar merupakan pedesaan di sudut timur laut AS yang berbatasan dengan Kanada.

Polisi mengatakan baku tembak pertama kali terjadi sekitar pukul 7 malam waktu setempat. Bar dan arena bowling berjarak sekitar empat mil (6,5 km).

Lewiston adalah bekas pusat tekstil dan kota berpenduduk 38.000 orang di Androscoggin County sekitar 35 mil (56 km) utara kota terbesar Maine, Portland.(reuters)

Berita Lainnya
×
tekid