sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Jokowi hadiri KTT APEC dan sejumlah pertemuan bilateral di Bangkok

Hari ini (18/11), Jokowi dijadwalkan menghadiri Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC (AELM).

Gempita Surya
Gempita Surya Jumat, 18 Nov 2022 12:32 WIB
 Presiden Jokowi hadiri KTT APEC dan sejumlah pertemuan bilateral di Bangkok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan lawatan ke Bangkok, Thailand, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Pada hari ini (18/11), Jokowi dijadwalkan menghadiri Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC (AELM) yang digelar dalam format retreat di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok. Jokowi juga akan menghadiri sesi Dialog Informal Pemimpin APEC dengan undangan.

KTT APEC ke-19 merupakan rangkaian kegiatan dari pelaksanaan APEC Economic Leaders' Week (AELW) yang digelar pada 12-19 November 2022.

Untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan AELW ini, Pemerintah Thailand secara intensif telah melakukan serangkaian persiapan.

"Koordinasi terus dilakukan dengan perwakilan ekonomi APEC di Bangkok, termasuk dengan KBRI Bangkok menjelang kedatangan pejabat tinggi dan para pemimpin ekonomi APEC di Bangkok," demikian keterangan tertulis KBRI Bangkok dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, Jumat (18/11).

Pemerintah Thailand menyampaikan, sebagai tuan rumah APEC 2022, Thailand akan mendorong prioritasnya untuk mengembangkan kawasan menuju pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Selain itu, juga mendorong APEC menuju era pasca-Covid-19 yang berkelanjutan dan seimbang melalui konsep Bio, Circular and Green Economy (BCG).

"Melalui tema "Open, Connect and Balance", Pemerintah Thailand ingin memastikan bahwa APEC akan mencapai pertumbuhan yang lebih seimbang, tangguh, dan berkelanjutan," terang KBRI Bangkok.

Sponsored

KTT APEC ke-19 di Bangkok akan dihadiri oleh pemimpin dari 21 ekonomi anggota APEC dan juga pemimpin dari Prancis, Kamboja, dan Arab Saudi sebagai Guests of the Chair, serta Managing Director IMF.

Selain pertemuan tingkat tinggi, pada rangkaian kegiatan AELW juga dilaksanakan pertemuan tingkat Senior Officials dan pertemuan tingkat Menteri yaitu the 33rd APEC Ministerial Meeting (AMM). Dalam AMM, Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Dikutip dari laman Sekretariat Presiden, usai menghadiri dialog informal pemimpin APEC, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Chief Executive Hong Kong John Lee. Kemudian, Jokowi kemudian akan mengikuti sesi makan siang pemimpin APEC bersama undangan.

Selepas itu, Kepala Negara dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Jokowi juga akan menghadiri sesi Dialog Pemimpin APEC dengan ABAC (Dewan Penasihat Bisnis APEC).

"Dan dilanjutkan dengan mengunjungi Bio-Circular-Green (BCG) Exhibition pada sore harinya," tulis keterangan di laman Sekretariat Presiden, Jumat (18/11).

Kemudian, Jokowi juga diagendakan untuk melakukan audiensi dengan Raja Thailand di Chakri Maha Prasat Throne Hall, sebelum kemudian bertolak menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi. Selanjutnya, Jokowi dan rombongan akan kembali ke tanah air dan dijadwalkan tiba pada malam hari. 

Berita Lainnya
×
tekid