sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

SPBU meledak, 10 orang tewas

Korban tewas diperkirakan tidak akan meningkat, karena tidak ada yang belum ditemukan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 09 Okt 2022 09:47 WIB
SPBU meledak, 10 orang tewas

Sepuluh orang termasuk seorang siswi tewas dalam ledakan di sebuah pompa bensin di barat laut Irlandia, kata polisi. Ledakan itu terjadi sekitar pukul 15:20 (1520 GMT) pada hari Jumat di desa Creeslough County Donegal.

"Kesepuluh korban itu adalah empat pria, tiga wanita, dua remaja - laki-laki dan perempuan - dan seorang gadis yang lebih muda," kata polisi, menambahkan bahwa semua korban tampaknya adalah penduduk setempat.

Korban tewas diperkirakan tidak akan meningkat, karena tidak ada yang belum ditemukan. Fokus akan beralih ke penyebab insiden setelah operasi pencarian dan pemulihan selesai.

Upaya penyelamatan oleh layanan darurat Irlandia berlangsung sepanjang malam setelah ledakan merobek halaman depan pompa bensin dan kompleks apartemen di dekatnya.

Sebuah foto udara yang diambil setelah ledakan menunjukkan bangunan pom bensin hancur.

Dua bangunan tempat tinggal dua lantai di belakangnya ambruk, sementara fasad bangunan serupa yang berdekatan tertiup angin.

Warga Kieran Gallagher, yang rumahnya sekitar 150 meter (500 kaki) dari tempat kejadian, mengatakan ledakan itu terdengar seperti "bom".

"Saya berada di rumah saya pada saat itu dan mendengar ledakan itu. Seketika saya tahu itu adalah sesuatu - itu seperti bom yang meledak," katanya kepada BBC.

Sponsored

Pada sebuah kebaktian di gereja setempat pada Sabtu pagi, Pastor John Joe Duffy mengatakan komunitas itu telah dilanda "tsunami kesedihan".

Banyak kendaraan layanan darurat tetap berada di tempat kejadian semalam, termasuk layanan pemadam kebakaran dari kedua sisi perbatasan dengan Irlandia Utara yang dikelola Inggris.

Gardai dan personel pertahanan sipil juga terlibat, dan sebuah helikopter penjaga pantai menerbangkan beberapa orang yang terluka dari Rumah Sakit Universitas Letterkenny ke ibu kota Dublin untuk perawatan lebih lanjut.

Perdana Menteri Irlandia Michael Martin menyebutnya sebagai "hari yang sangat gelap" ketika dia berbicara kepada media secara singkat sebelum menuju ke tempat kejadian. "Ini hari yang sangat gelap bagi orang-orang Donegal dan Irlandia," katanya.

"Ini adalah skala kematian dan cedera yang tidak ingin kami lihat terjadi saat orang menjalani kehidupan sehari-hari mereka," imbuhnya.

"Seorang anak kecil di toko kehilangan nyawanya, dan dua remaja," tambahnya. "Ini benar-benar peristiwa yang mengejutkan dan tragis yang telah membawa korban yang luar biasa pada komunitas ini."

Menteri Pertanian Charlie McConalogue, yang mewakili Donegal timur laut di parlemen Irlandia, membandingkan adegan-adegan itu dengan peristiwa-peristiwa selama konflik sektarian selama beberapa dekade di pulau Irlandia atas pemerintahan Inggris di Irlandia Utara.

"Orang-orang terkejut dan mati rasa," kata McConalogue kepada penyiar Irlandia RTE.

"Adegan-adegan dari acara tersebut mengingatkan pada gambar-gambar dari The Troubles bertahun-tahun yang lalu, dalam hal pemandangan di lapangan dan kerusakan serta puing-puingnya."

Creeslough berjarak sekitar 30 mil (50 kilometer) dari perbatasan dengan Irlandia Utara dan berpenduduk sekitar 400 orang.

Stasiun layanan Applegreen berada di jalan N56, yang mengitari ujung utara republik Irlandia.

Applegreen mentweet bahwa berita itu "menghancurkan".

"Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan teman-teman almarhum, mereka yang terluka, dan komunitas Creeslough yang lebih luas," kata perusahaan itu.(malaymail)

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid