logo alinea.id logo alinea.id

Taiwan dan Kiribati putus hubungan diplomatik

Pemutusan hubungan diplomatik ini terjadi karena Kiribati mengalihkan pengakuan diplomatiknya ke China.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 20 Sep 2019 13:28 WIB
Taiwan dan Kiribati putus hubungan diplomatik

Taiwan dan Kiribati memutuskan hubungan pada Jumat (20/9) setelah negara kecil di Pasifik itu mengalihkan pengakuan diplomatiknya ke China. Ini merupakan pembelotan kedua ke Beijing oleh salah satu sekutu Taipei.

"Kiribati hari ini secara resmi memberi tahu kami bahwa negara itu memutuskan hubungan diplomatik dengan negara kami," ungkap Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu. "Hari ini pula kami umumkan bahwa kami memutuskan hubungan diplomatik dengan Kiribati."

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya yang membangkang. Beijing bersikeras bahwa pulau itu tidak memiliki hak untuk menjalin ikatan formal dengan negara manapun.

Menlu Joseph menuturkan setelah memutus hubungan diplomatik dengan Kiribati pihaknya akan segera menutup kedutaannya di sana.

Sponsored

Kiribati adalah negara ketujuh yang putus hubungan dengan Taiwan sejak Tsai Ing-wen menjabat sebagai presiden pada 2016. Sebelumnya ada Burkina Faso, Republik Dominika, Sao Tome dan Principe, Panama, El Salvador dan Kepulauan Solomon.

Relasi diplomatik antara Kiribati dan Taipei telah terjalin sejak 2003. Pemutusan hubungan diplomatik ini praktis menjadikan sekutu Taiwan menyusut menjadi 15 negara. (Reuters, VOA dan The Straits Times)

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Senin, 14 Okt 2019 21:28 WIB
Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Sabtu, 12 Okt 2019 07:57 WIB