sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bertemu pejabat positif Covid-19, Trump tetap tak tes kesehatan

Negeri Paman Sam sejauh ini mencatat hampir 1.700 kasus infeksi dengan 41 kematian.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 13 Mar 2020 13:48 WIB
Bertemu pejabat positif Covid-19, Trump tetap tak tes kesehatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Gedung Putih menegaskan bahwa Presiden Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence tidak perlu menjalani tes coronavirus jenis baru atau Covid-19. Padahal, keduanya pada Sabtu (7/3) melakukan kontak dekat dengan Sekretaris Pers Presiden Brasil Fabio Wajngarten yang baru-baru ini dinyatakan positif Covid-19.

Setelah mengetahui kabar tersebut, Presiden Brasil Jair Bolsonaro segera menjalani tes dan kini tengah menunggu hasilnya.

Media Brasil mengonfirmasi bahwa pada Kamis, Wajngarten positif Covid-19, hanya beberapa hari setelah dia dan Bolsonaro makan malam dengan Trump di Florida.

Pada Kamis (12/3), Trump menegaskan bahwa dia tidak khawatir akan kondisinya.

Foto yang diunggah di Instagram Wajngarten menunjukkan dia berfoto di samping Trump dan Pence di Mar-a-Lago.

Sekretaris Pers Gedung Putih Stephanie Grisham mengatakan, Washington mengetahui laporan bahwa salah satu delegasi Brasil yang berkunjung ke Florida pekan lalu positif coronavirus jenis baru.

Sponsored

"Paparan dari kasus ini sedang dinilai. Baik Presiden Trump dan Wapres Pence hampir tidak berinteraksi dengan individu yang dites positif. Oleh karena itu, mereka tidak perlu menjalani uji kesehatan saat ini," ungkap Grisham dalam pernyataannya.

Grisham menegaskan bahwa Unit Medis Gedung Putih telah bekerja keras untuk memastikan seluruh staf Gedung Putih tetap sehat.

"Menurut pedoman otoritas kesehatan, tidak ada keperluan untuk melakukan uji kesehatan terhadap pasien tanpa gejala. Dan hanya orang-orang yang dalam jangka waktu panjang terpapar dengan pasien positif coronavirus yang perlu mengarantina diri," lanjut dia.

Di sisi lain, sekutu Trump, Senator Lindsey Graham yang juga berada di Mar-a-Lago saat Bolsonaro berkunjung sedang mengarantina diri atas saran dari dokternya.

Selain berkunjung ke Florida, dilaporkan bahwa Wajngarten dan delegasi lainnya dari Brasil bertemu dengan sejumlah pejabat militer serta sempat mendatangi Capitol Hill dan Pentagon di Washington.

Negeri Paman Sam sejauh ini mencatat hampir 1.700 kasus infeksi dengan 41 kematian. (CBS News, The Guardian, dan Business Insider)

Berita Lainnya