logo alinea.id logo alinea.id

Trump ucapkan belasungkawa atas wafatnya BJ Habibie

BJ Habibie mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) pukul 18.03 WIB.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 13 Sep 2019 09:57 WIB
Trump ucapkan belasungkawa atas wafatnya BJ Habibie

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan istrinya, Melania, turut berduka atas meninggalnya presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie.

Dalam pernyataan pers Gedung Putih yang diterima Alinea.id pada Jumat (13/9), Trump menyampaikan bahwa pada masa berakhirnya era Presiden Soeharto, Habibie menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistis di Indonesia.

"Habibie juga berjasa dalam mengantar Indonesia menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Trump menyebut bahwa Habibie akan dikenang atas kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, terutama dalam bidang industri penerbangan dalam negeri.

"Ini merupakan suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, dalam pernyataan pers Gedung Putih yang terbit pada Kamis (12/9), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga Habibie dan rakyat Indonesia.

"Presiden Habibie telah memimpin negara dan rakyatnya melalui periode penting transisi demokrasi Indonesia yang luar biasa, dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi," tutur Pompeo. 

AS, lanjutnya, akan terus mengingat persahabatannya dengan Habibie dan dedikasinya untuk negara.

Sponsored

Habibie mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) pukul 18.03 WIB. Dia meninggal setelah menjalani perawatan intensif sejak 1 September.

Jasad pria berusia 83 tahun itu dikebumikan di TMP Kalibata pada Kamis.

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan telah lebih dulu menyampaikan pernyataan dukacita melalui Twitter.

Melalui unggahan di Instagram, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii pada Kamis (12/9), mengatakan dia terkenang senyum hangat Habibie yang ramah.

"Saya berdoa kiranya seluruh keluarga besar almarhum Bapak BJ Habibie iklhas dan tabah dalam menghadapi masa duka ini. Selamat jalan Pak Habibie," tulis Dubes Masafumi.