sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tutorial masak tusuk gigi untuk dimakan bikin pemerintah Korsel resah

Dalam video YouTube Shorts, tusuk gigi digoreng, disiram berbagai saus, atau dijadikan mie untuk ramyeon instan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Kamis, 25 Jan 2024 08:13 WIB
Tutorial masak tusuk gigi untuk dimakan bikin pemerintah Korsel resah

Youtuber memang kerap mencari cara untuk membuat konten yang sensasional. Misalnya, di Korea Selatan ada konten kreator yang membuat video tutorial memasak tusuk gigi.

Konten itu membuat Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-obatan Negeri Gingseng itu ketar-ketir. Mereka khawatir video itu menginspirasi orang-orang untuk mencobanya. Padahal, tidak bagus buat kesehatan.

Mencegah efek negatif di masyarakat, Kementerian itu pun langsung bertindak. Pada tanggal 24 Januari mereka mengeluarkan peringatan untuk tidak memakan tusuk gigi – khususnya tusuk gigi berwarna hijau yang terbuat dari tepung jagung.

Menanggapi tren memasak dan memakan tusuk gigi yang berkembang di media sosial, Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-obatan mengatakan tusuk gigi yang mengandung tepung seharusnya digunakan hanya untuk tujuan sanitasi.

Sponsored

Para pejabat menjelaskan bahwa tusuk gigi adalah barang kebersihan, sama seperti cangkir dan sedotan, dan tidak tunduk pada peraturan keselamatan yang berlaku untuk produk makanan.

Dalam video YouTube Shorts, tusuk gigi digoreng, disiram berbagai saus, atau dijadikan mie untuk ramyeon instan. Video YouTube Shorts dengan penayangan tertinggi telah mencapai sekitar 4,4 juta penayangan per 24 Januari.

Beberapa pengguna daring menyuarakan keprihatinan mengenai konsumsi tusuk gigi hijau, sementara yang lain menganggap gagasan tersebut lucu dan menarik. Salah satu komentar berbunyi, “Saya merasa tidak seharusnya memakannya, tapi kelihatannya enak.” Komentar lain mengungkapkan kekhawatirannya, dengan menyatakan, “Saya mendengar ada peringatan di kemasan tusuk gigi yang menyarankan agar tidak menggorengnya.”

Dalam hal ini, para pejabat menyoroti bahwa meskipun tusuk gigi yang diberi tepung kanji terbuat dari bahan-bahan yang dapat dimakan, namun keamanannya tidak dapat dijamin, hal ini menegaskan kembali komitmen mereka untuk mendukung lingkungan yang aman untuk penggunaan produk-produk higienis dengan benar.(straitstimes)

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid