close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Foto:CNN
icon caption
Foto:CNN
Dunia
Jumat, 16 Februari 2024 18:06

Wacana penutupan 'nude beach' munculkan perdebatan sengit di Australia

Polisi setempat ditugaskan menangani keluhan masyarakat terkait pantai tersebut. Namun, tidak semua orang senang dengan keputusan tersebut.
swipe

Pantai Tyagarah, hamparan pantai terpencil sepanjang 800 meter (875 yard) di utara Teluk Byron menjadi topik perdebatan sengit dalam beberapa minggu terakhir di Australia.

Pantai yang sudah lama digemari oleh para naturis dari Australia dan seluruh dunia ini merupakan bagian dari Cagar Alam Tyagarah dan dikelola oleh pemerintah negara bagian New South Wales.

Tahun lalu pemerintah negara bagian menulis surat kepada dewan lokal yang mengeluh bahwa ketelanjangan di depan umum “tidak konsisten dengan nilai-nilai yang dikelola oleh cagar alam,” menurut 9News.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi lebih luas yang diluncurkan oleh Dewan Shire Teluk Byron, yang mengumumkan rencana pengelolaan Cagar Alam.

Dan pada tanggal 22 Februari, dewan melakukan pemungutan suara untuk memutuskan apakah akan mencabut kebijakan 'opsional pakaian' pantai. Sebuah laporan dari rencana konservasi Cagar Alam Tyagarah mencatat bahwa ada laporan perilaku ofensif, cabul atau antisosial yang terkait dengan beberapa pengguna pantai 'pakaian opsional' Dewan, termasuk pengunjung yang berpakaian tidak pantas di area penggunaan sehari-hari yang berdekatan di cagar alam.

Polisi setempat ditugaskan menangani keluhan masyarakat terkait pantai tersebut. Namun, tidak semua orang senang dengan keputusan tersebut.

Sebuah petisi yang diluncurkan oleh Bradley Benham, presiden kelompok Byron Naturists, memiliki 1.125 tanda tangan pada 14 Februari.Petisi ini ditujukan kepada Penny Sharpe, menteri lingkungan hidup New South Wales.

“Rekreasi telanjang adalah cara hidup yang sah,” tulis Benham. “Ruang luar ruangan yang sah untuk komunitas naturis jarang terjadi di NSW (dan Australia) dan pantai ini sangat dihargai oleh para naturis yang berkomitmen dan kasual.”

Ini bukan pertama kalinya status Tyagarah yang tidak mengenakan pakaian terancam ditindak. Pada tahun 2018, tindakan serupa ditolak oleh Dewan Shire dan kamera CCTV dipasang sebagai kompromi.

“Saya sudah mandi telanjang di pantai Byron Shire sejak saya masih kecil di tahun 70an dan 80an,” kata Benham kepada 9 News. “Kami sekarang memiliki populasi yang jauh lebih besar. Kami memiliki lebih banyak pengguna pantai dan kami memerlukan area resmi di mana kami dapat mandi telanjang.”

Jika peraturan minggu depan disahkan, Tyagarah akan mewajibkan pengunjung mengenakan pakaian renang mulai 8 April.(cnn)

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan