sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

4 ibadah yang bisa dikerjakan di 10 hari terakhir Ramadan, cek di sini yah!

Iktikaf menjadi salah satu pilihan kita dalam menjalankan amalan sepuluh hari terakhir Ramadan.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Senin, 03 Mei 2021 13:54 WIB
4 ibadah yang bisa dikerjakan di 10 hari terakhir Ramadan, cek di sini yah!

Banyak keistimewaan pada sepuluh malam terakhir bulan suci Ramadan. Itulah sebabnya Rasulullah saw memperkuat ibadahnnya kepada Allah Swt pada sepuluh malam terakhir di Ramadan.

Apa saja faktor tersebut? Pertama, sepuluh hari terakhir merupakan penutup Ramadan yang penuh berkah karena amalannya akan dinilai. Kemudian, sepeluh malam terakhir adalah malam-malam yang paling dicintai oleh Rasulullah saw.

Selain itu, keistimewaan lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan, juga berpotensi ada di sepuluh hari terakhir ini.

Itulah sebabnya Rasulullah saw memberikan contoh kepada umatnya, agar tak lupa pada keutamaan beribadah di sepuluh hari terakhir Ramadan.

Lantas, amalan apa saja yang bisa kita kerjakan?

1. Mengerjakan salat
Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari salat,  terutamanya pada sepuluh malam terakhir Ramadan,
“Siapa saja yang melaksanakan salat saat malam lailatul qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (Hadits Riwayat Bukhari Nomor 1.901).

Begitu pula dengan salat malam, dalam penuturan Aisyah ra, “Rasulullah saw biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Memperbanyak baca Alquran dan berdoa
Siapa yang target Ramadan kali ini khatam saat akhir bulan? Atau 1 day 1 juz? Atau temen-temen yang tertinggal tilawahnya karena “libur”? Kita bisa lakukan dengan semangat di 10 akhir Ramadan!

Sponsored

Di 10 malam terakhir  Ramadhan, menurut Imam Nawawi, adalah waktu yang paling baik seperti di siang hari maupun setelah subuh. 

Di malam lailatul qadar, doa kita insya Allah akan dikabulkan oleh Allah Swt. Jangan lupa berdoanya dengan khusyuk, yah!

3. Bersedekah
Saat Ramadhan, kita wajib menunaikan zakat. Banyak oarnag yang berlomba-lomba melakukan kebaikan, terlebih pada bulan ini, bulan yang penuh berkah. Selain berzakat, kita bisa melakukan sedekah lainnya untuk membantu sesama maupun lainnya.

Sedekah menjadikan diri kita lebih dekat lagi dengan Allah Swt dan sesama. Tak hanya dalam sedekah materi, kita juga bisa melakukan sedekah non materi loh. Salah satunya melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Perlu diingat, bersedakah bisa kita lakukan setiap hari yah!

4.Iktikaf
Iktikaf menjadi salah satu pilihan kita dalam menjalankan amalan sepuluh hari terakhir Ramadan. Tujuan dari iktikaf ini adalah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Biasanya kita berdiam diri di masjid/musala dengan mengerjakan amalan lainnya, seperti bertasbih, bertahlil, bertahmid, bertakbir, istigfar, selawat, dan memperbanyak doa serta tafakur. 

“Tetapi gimana dong, kan sekarang sedang pandemi?” Eits jangan khawatir. Jika kita punya suatu tempat yang disucikan, misalnya musala di rumah, itu bisa kita jadikan tempat iktikaf selama dengan niat dan apa yang kita kerjakan karena Allah Swt.

Berita Lainnya