sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Begini pola hidup sehat menurut peraih Piala Citra

Khan sudah mengurangi penggunaan cairan kimia seperti sampo, pasta gigi, dan sabun mandi.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Rabu, 18 Des 2019 12:53 WIB
Begini pola hidup sehat menurut peraih Piala Citra

Bagi aktor muda Muhammad Khan, perilaku hidup sehat sangat penting dalam menunjang karier. Khan yang telah bercita-cita menjadi aktor sejak usia 10 tahun ini menjalankan gaya hidup minimalis dalam aktivitas keseharian.

Khan membiasakan diri untuk tidak mengonsumsi bahan yang tidak sehat, termasuk menghindari makanan cepat saji, rokok, dan minuman beralkohol.

“Aku sangat menentang budaya konsumtif. Kalau kita menjadi pelukis, hanya memakai cat dan kanvas kita masih bisa berkarya. Tetapi aktor kalau sakit, bagaimana?” kata Khan, saat berbincang dengan tim redaksi Alinea.id, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/12).

Di samping itu, Khan punya kebiasaan vesco-vegetarian atau pantang mengonsumsi daging dari hewan yang hidup di darat. Menyadari tubuh sebagai aset utama pekerjaannya sebagai aktor, Khan lantas beralih memakan sayur-sayuran, buah-buahan, dan ikan.

Khan yang bernama asli Nurdianto ini, awal Desember lalu terpilih sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2019 lewat film Kucumbu Tubuh Indahku. Di film itu, Khan memerankan karakter Juno, penari lengger lanang yang hidup penuh dengan memori masa lalu yang menyakitkan. Film tersebut menjadi debut Khan bermain dalam film layar lebar.

Kembali ke alam

Khan juga punya kebiasaan lain yang berbeda dari kebanyakan orang, yaitu tidak menggunakan perlengkapan kosmetik mengandung bahan kimia. Dalam kehidupan hariannya, Khan sudah mengurangi penggunaan cairan kimia seperti sampo, pasta gigi, dan sabun mandi.

Sebagai pengganti, Khan memilih menggunakan bahan-bahan alami. Saat mandi, Khan mengganti sabun mandi dengan air hasil rebusan buah lerak. Dia menjelaskan, lerak mengandung zat saponin yang dapat membunuh bakteri, juga berkhasiat menyembuhkan jerawat dan kudis.

Sponsored

Lerak juga umumnya dipakai untuk membuat cairan pembersih kain batik tulis yang membuat pakaian batik menjadi lebih awet.

“Aku pengin kembali ke alam, back to nature. Satu-satunya bahan kosmetik yang aku pakai itu cuma parfum,” kata Khan.

Khan juga meninggalkan penggunaan pasta gigi. Sesudah menggosok gigi, dia menuntaskannya dengan berkumur menggunakan air garam.

Selektif memilih peran

Setelah sukses menyabet pemeran utama pria terbaik, Khan berniat menekuni profesi sebagai aktor film. Khan mengungkapkan akan bersikap selektif dalam menyambut tawaran bermain film. Hal ini dilatari gaya hidupnya yang bebas sampah (zero waste).

Baginya, zero waste tidak sebatas berkaitan dengan cara hidup yang bersifat fisik, tetapi juga nonfisik.

“Aku enggak mau filmku nanti cuma menjadi sampah. Sama halnya dengan setiap kali aku berbicara, aku mau supaya pertemuanku dengan orang lain tidak nyampah,” ucap Khan.

Menurut Khan, zero waste merupakan pedoman hidup yang sangat mulia dan dapat diterapkan secara praktikal dalam kehidupan sehari-hari. Dia mencontohkan, gaya hidup bebas sampah termasuk dengan menyaring orang-orang yang akan ditemui, hingga jenis tayangan video yang akan ditonton.

“Jangan sampai waktu yang kita punya menjadi terbuang percuma,” ujarnya.

Berita Lainnya