sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Berpikir positif, kunci hidup sehat saat physical distancing

Berpikir positif juga harus disertai dengan bertindak positif.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Minggu, 29 Mar 2020 18:20 WIB
Berpikir positif, kunci hidup sehat saat <i>physical distancing</i>
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 125396
Dirawat 38721
Meninggal 5723
Sembuh 80952

Berfikir positif menjadi hal yang penting dilakukan saat menjalani isolasi diri atau physical distancing kala pandemi Covid-19 meluas. Ketua Aliansi Telemedis Indonesia Purnawan Junaidi mengatakan berpikir positif juga harus disertai dengan bertindak positif. 

"Saya bilang berfikir positif itu bagus. Banyak hal kan yang bisa dilakukan di rumah. Saya misalnya menanam pohon, kita juga bisa bersihkan rumah. Kalau saya juga olahraga di rumah," kata Pumawan, dalam diskusi bertajuk "Mengatasi Kebosanan dan Mengelola Stres di Saat Physical Distancing dan Isolasi Mandiri" di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (29/3).

Anggota Ikatan Psikolog Klinis Emelda menambahkan, mencari rutinitas baru juga dapat menjadi solusi alternatif guna mengatasi rasa bosan saat menjalani physical distancing

Dia menyarankan penjadwalan terhadap rutinitas itu juga dapat dilakukan agar dapat menghabiskan waktu secara efisien.

Sponsored

"Kalau kami dari sisi psikis, bisa memulai rutinitas baru. Misalnya kita sedang kondisi pagi ini, kita butuh sesuaikan dengan kondisi saat ini. Jadi ada tugas prioritas seperti belajar dan bekerja di rumah, kita coba bikin tabel," tutur dia.

Lebih lanjut, Emelda mengatakan, rasa cemas yang melanda masyarakat saat physical distancing merupakan suatu hal wajar. Rasa cemas itu, akan menimbulkan dampak susah tidur, gelisah berlebih, bahkan tidak terkendalinya emosional.

"Jadi sebenarnya dengan rasa itu, menurut kami itu adalah situasi yang normal di kondisi yang tidak normal. Saat ini kan kita dalam kondisi pandemi ya. Seluruh dunia dalam kondisi tidak aman, ketidakpastian," tutur dia.

Berita Lainnya