sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Daniel Waters olok-olok Batman besutan Christopher Nolan

Penulis skenario Batman Returns Daniel Waters mengungkapkan perbedaan film Batman yang dibintangi oleh Michael Keaton dan Christian Bale. 

Edo Sugiyanto
Edo Sugiyanto Sabtu, 30 Apr 2022 23:35 WIB
Daniel Waters olok-olok Batman besutan Christopher Nolan

Penulis skenario Batman Returns Daniel Waters mengungkapkan perbedaan film Batman yang dibintangi oleh Michael Keaton dan Christian Bale. 

Dalam sebuah wawancara dengan Vulture, Waters menyebut film-film Dark Knight yang dibintangi oleh Bale dan dibesut Christopher Nolan menjadi kurang realistis setidaknya dalam satu hal. Menurutnya, Batman versi Bale memiliki dialog yang panjang. Hal ini berbeda dengan Batman saat diperankan oleh Michael Keaton yang hanya memberikan pernyataan singkat. 

"Michael Keaton hanya memiliki dialog singkat saat mengenakan Batsuit atau jubah dan menjadi Batman," ujar Waters. 

Selain Batman Returns (1992), Keaton juga main di Batman (1989). Kedua film itu diarahkan Tim Burton. Namun, Tim Burton mundur sebagai sutradara di film ketiga Batman Forever (1995) yang kemudian jejaknya diikuti oleh mundurnya Michael Keaton dari film tersebut.

Sementara Bale dan Nolan ikut di trilogi Batman, yaitu Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Dark Knight Rises (2012).

Waters mengkritisi langkah Nolan yang menghapus aturan itu dan justru memaksa Bale untuk mempertahankan suara Batmannya yang terkenal serak untuk dialog panjang. Dia mengaku sebelumnya sengaja memotong naskah dialog Batman lantaran Keaton menganggap Batman seharusnya tidak memiliki dialog yang panjang.  

"Michael Keaton saat melihat naskahnya lalu berkata, "Ketika Bruce Wayne adalah Batman, dia seharusnya tidak berpidato panjang-panjang." Jadi saya memotongnya. Kemudian ketika saya akhirnya melihat Batman Christopher Nolan, dia tidak bermain dengan aturan itu. Saat Christian Bale mengenakan kostum Batman, dia memberikan pidato panjang lebar," tuturnya.

 

Sponsored
Berita Lainnya