sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Fasilitas untuk penumpang pesawat dengan berbagai macam kelas

Dengan biaya yang berbeda, fasilitas pesawat terbang juga berbeda.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Senin, 22 Mar 2021 17:33 WIB
Fasilitas untuk penumpang pesawat dengan berbagai macam kelas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Berlibur merupakan salah satu cara untuk relaksasi yang dapat menghindarkan dari stres. Dengan menggunakan transportasi pesawat terbang, tentu liburan akan jauh lebih menyenangkan. Penumpang dapat menjangkau tempat liburan dengan waktu yang lebih singkat dan mendapat kenyamanan selama perjalanan.

Perjalanan bisnis juga akan lebih mudah menggunakan pesawat. Waktu keberangkatan dan kedatangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga kegiatan bisnis tidak akan terganggu. Penumpang bisa beristirahat sejenak di dalam pesawat selama perjalanan.

Macam-macam kelas maskapai penerbangan

Dengan biaya yang berbeda, tentu fasilitas juga berbeda. Hal ini juga berlaku untuk perjalanan dengan pesawat terbang. Untuk mengetahui lebih lanjut calon penumpang dapat melakukan cek tiket pesawat di traveloka.

Inilah beberapa kelas yang pada umumnya ditawarkan oleh maskapai penerbangan.

Kelas ekonomi

Harga tiket paling murah dibanding kelas lainnya. Tempat duduk nyaman meskipun ukurannya paling kecil daripada kelas lain. Jarak antar kursi juga cenderung sempit bahkan jika kursi di depan dimundurkan akan membuat penumpang di belakangnya merasa sempit.

Makanan dan minuman biasanya disediakan untuk perjalanan yang memakan waktu lama. Jadi kelas ekonomi lebih cocok untuk perjalanan jarak dekat agar tenaga dalam tubuh tidak terkuras selama perjalanan.

Sponsored

Kelas ekonomi premium

Penumpang kelas ini akan mendapatkan fasilitas yang sedikit lebih baik daripada kelas ekonomi. Tempat duduk lebih luas dengan sandaran lengan. Ruang kaki lebih leluasa sehingga lebih lapang dan mudah untuk merenggangkan kaki.

Kelas bisnis

Kursi untuk kelas bisnis jauh lebih nyaman daripada kelas ekonomi dan kelas ekonomi premium. Kursi bisa diatur menyerupai tempat tidur sehingga penumpang akan lebih nyaman untuk beristirahat. Terdapat layar LCD untuk hiburan dan tempat untuk mengisi daya perangkat elektrik.

First class

Dari segi kursi tentu saja adalah yang paling nyaman. Kursi lebar, empuk, dan ada pembatas untuk menjaga privasi. Layar LCD dan headphone disediakan untuk menikmati hiburan selama perjalanan.

Perbedaan fasilitas setiap kelas pesawat terbang

Ternyata perbedaan setiap kelas di pesawat terbang tidak hanya didapat saat menaikinya saja. Inilah pembeda dari setiap kelas untuk pesawat terbang.

Harga

Perbedaan yang pertama adalah harga tiket untuk kelas ekonomi hingga bisnis. Jenis tarif berupa perpaduan huruf dan angka menggambarkan tipe tarif, bingkai fare, dan syarat serta peraturan penggunaan.

Proses check-in di bandara

Semakin bagus kelasnya, semakin mudah dan praktis pula saat akan menaiki pesawat. Untuk kelas bisnis, penumpang akan dimudahkan dan dimanjakan dengan berbagai pelayanan. Ada counter khusus untuk kelas bisnis jadi tidak perlu mengantre seperti pada kelas ekonomi.

Layanan ruang tunggu

Bagi penumpang kelas ekonomi untuk menunggu jadwal bisa di tempat boarding room umum dengan kursi dan wifi sebagai fasilitasnya. Sangat berbeda dengan kelas bisnis. Ada kursi pijat, makan dan minum, toilet bersih dan berbagai layanan lainnya.

Jenis kursi

Kursi untuk kelas bisnis dan first class tentu saja lebih luas daripada kelas ekonomi. Kursi juga lebih empuk dengan jarak lebih lebar antara kursi satu dengan yang lain. Jadi penumpang kelas bisnis dan first class akan lebih leluasa untuk melegakan kaki dan beristirahat.

Letak kursi biasanya di bagian depan pesawat. Untuk naik turun pun lebih cepat tanpa menunggu antrean yang panjang.

Penyajian makanan

Untuk kelas bisnis dan first class penyajian makanan menggunakan berbagai peralatan makan yang akan memberikan kesan mewah. Pilihan menu makanan juga lebih banyak. Pramugari yang bertugas di kelas bisnis dan first class biasanya lebih sedikit karena jumlah penumpang yang lebih sedikit.

Perbedaan bagasi

Bagasi menandakan ketentuan jumlah barang yang diperbolehkan bagi penumpang untuk membawanya. Untuk kelas ekonomi biasanya adalah 20 kilogram (kg). Untuk kelas bisnis sebesar 30 kg dan untuk first class sebanyak 40 kg.

Layanan antar jemput

Kendaraan untuk antar jemput disediakan untuk penumpang kelas bisnis. Dengan layanan ini tentu saja penumpang tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perjalanan ke dan dari bandara. Untuk menunggu bagasi pun tidak perlu berdesakan dengan penumpang dengan kelas lain.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya