sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Google: Produktivitas yang mengandalkan teknologi meningkat drastis

Salah satu aktivitas penting yang beralih ke ranah online adalah pembelajaran.

Ayu Nur Alizah
Ayu Nur Alizah Rabu, 24 Feb 2021 11:06 WIB
Google: Produktivitas yang mengandalkan teknologi meningkat drastis
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Google mengumumkan apa saja yang mayoritas ditelusuri orang Indonesia sepanjang 2020. Di mana sebagian orang menggunakan Google Search untuk mengatasi kejenuhan aktivitas bekerja dari rumah.

Salah satu aktivitas penting yang beralih ke ranah online adalah pembelajaran. Hal ini ditandai dengan penelusuran kata “elearning” yang meningkat hingga 180%. Orang tua berupaya memfasilitasi anak-anak mereka dengan teknologi agar pembelajaran dapat dilakukan secara virtual di rumah, demi keamanan sang anak. Pencarian kata “laptop untuk sekolah” pun meroket hingga 315%. Selain itu, pencarian kata “handphone anak” turut melambung hingga 140%.

Selain kebutuhan belajar, orang Indonesia juga mengandalkan teknologi untuk membangun gaya hidup aktif dan menjaga tubuh tetap bugar saat berada di dalam ruangan. Kata kunci “smart scale” meningkat hingga 225%, sedangkan “treadmill” menjulang hingga 75% dan “sepeda statis” melambung sampai 30% juga turut melambung dibanding tahun lalu. 

Walaupun telah menemukan barang yang dicari dari penelusuran online, masyarakat Indonesia masih tertarik untuk melakukan pembelian secara langsung. Hal ini tercermin dalam penelusuran kata kunci “toko sparepart elektronik terdekat” yang meroket hingga 300% dan “toko elektronik terdekat” yang juga meningkat hingga 30%.

Tips untuk perusahaan

Untuk bersiap menghadapi 2021, Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia Muriel Makarim, memberikan tiga tips penting bagi perusahaan untuk memahami apa yang paling penting bagi konsumen:

1. Sesuaikan pesan pemasaran Anda dengan kebutuhan teknologi konsumen yang terus berubah. Kata kunci pencarian ”selama pandemi” atau “WFH” adalah istilah pencarian yang meningkat untuk perangkat baru yang dapat Anda manfaatkan. 

2. Soroti nilai produk yang paling dicari. Anda bisa memanfaatkan iklan cantuman produk atau kampanye belanja. Google Belanja disiapkan sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk Anda.

Sponsored

3. Berada di tempat konsumen Anda berada. Pastikan lokasi Anda terdaftar di Google Bisnisku sehingga konsumen di lokasi terdekat dapat menunjukkan toko terdekat. Anda juga bisa memanfaatkan ekstensi lokasi jika iklan Anda muncul, karena iklan juga akan menampilkan dimana toko terdekat.

 

Berita Lainnya