logo alinea.id logo alinea.id

Hilangkan stres dengan meditasi cokelat

Meditasi cokelat adalah salah satu bentuk meditasi yang paling menyenangkan dan menarik. Bagaimana caranya?

Satriani Ariwulan Sabtu, 15 Des 2018 13:44 WIB
Hilangkan stres dengan meditasi cokelat

Tahukah Anda, meditasi cokelat adalah salah satu bentuk meditasi yang paling menyenangkan dan menarik. Bentuk meditasi ini memiliki segudang manfaat, seperti sebagai penghilang stres dan merilekskan tubuh, menjadi metode untuk memusatkan pikiran saat mengalami tekanan emosional, serta membantu membangun ketahanan terhadap stres. 

Apa itu meditasi coeklat? 

Meditasi cokelat merupakan mengambil sepotong cokelat, terutama cokelat hitam dan memakannya secara sadar. Lalu menikmati esensinya dan memperhatikan rasa cokelat. Pendekatan berbasis kesadaran ini juga membantu menurunkan berat badan. Selain itu, juga membantu menenangkan tubuh dan pikiran, menyingkirkan stres fisik dan mental hingga akhirnya membuat Anda merasa lebih baik, segar dan siap menghadapi perjuangan hidup dengan sikap positif.

Cokelat bisa bekerja optimal untuk manajemen stres. Ketika mengalami stres, tubuh secara otomatis bereaksi dengan cara membantu kita melawan stres atau lari dari stres. Ini adalah respons stres tubuh yang juga dikenal sebagai respons fight-or-flight. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan fisik pada semua bagian tubuh. Meditasi cokelat mempengaruhi tubuh dengan cara yang berlawanan dengan stres, yaitu memicu respons relaksasi tubuh dengan mengembalikan tubuh ke keadaan tenang dan mencegah kerusakan baru dari efek fisik stres.

Sponsored

Cara meditasi dengan cokelat sangat mudah dan sederhana. Mula-mula, ambil sepotong besar dark chocolate atau cokelat pilihan Anda lainnya. Lalu, ambil napas dalam-dalam dan rilekskan otot-otot tubuh. Sangat penting untuk merasa rileks secara fisik sebanyak mungkin.

Lanjutkan dengan menutup mata, atau bisa juga dilakukan dengan mata terbuka. Cium cokelat dan nikmati aromanya. Sekedar informasi, cokelat memiliki lebih dari 300 rasa yang berbeda. Setelah ini, gigit sedikit cokelat dan biarkan mencair di lidah Anda, atau hisap secara perlahan-lahan. Perhatikan dengan seksama rasa cokelat. Fokus dan berkonsentrasi pada sensasi yang ada di dalam mulut.

Kemudian, Anda bisa mengambil gigitan kedua dan mengikuti langkah yang sama. Jika pikiran Anda mulai mengembara, coba untuk kembali fokus pada rasa dan sensasi yang terkait dengan cokelat. Untuk mengakhiri, istirahat sejenak, perlahan-lahan bernafas dan kembali ke rutinitas normal Anda. Nah, selamat mencoba. (Boldsky)