close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Foto: Pixabay
icon caption
Foto: Pixabay
Sosial dan Gaya Hidup
Sabtu, 12 Agustus 2023 08:29

Ini 6 pengetahuan tentang varian baru Covid-19 'Eris'

Eris berisiko rendah terhadap kesehatan masyarakat global, kata WHO.
swipe

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 9 Agustus menandai varian baru Covid-19 yang menyebar dengan cepat dan luas. Dijuluki “Eris” dan secara resmi disebut EG.5, cabang baru ini dengan cepat berkembang di seluruh dunia. Ini masih menjadi perhatian rendah, menurut WHO, dan faktor lain dapat menjelaskan peningkatan rawat inap saat ini di sejumlah negara, termasuk AS.

1. Apa itu EG.5?
Eris adalah keturunan dari sekelompok strain virus corona berlabel XBB. Ini semua adalah cabang dari varian Omicron, yang muncul pada akhir 2021. EG.5 diperkirakan mencapai 17,4% dari kasus global dalam pekan yang berakhir 23 Juli, menurut WHO, naik dari hanya 7,6% empat minggu sebelumnya. Ini tumbuh dengan cepat di AS, di mana baru-baru ini menjadi jenis yang paling umum, menurut perkiraan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

2. Seberapa memprihatinkan?
Eris berisiko rendah terhadap kesehatan masyarakat global, kata WHO. Meskipun prevalensinya meningkat dibandingkan dengan jenis lain dan tampaknya lebih baik dalam menghindari pertahanan kekebalan tubuh, tidak ada bukti bahwa itu menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada versi lain dari virus corona. Untuk bagiannya, CDC mengatakan tidak ada bukti yang dapat menyebar lebih mudah daripada pendahulunya. Vaksin dan perawatan yang ada diharapkan tetap efektif melawannya. Karena terkait erat dengan keluarga XBB, itu termasuk bidikan penguat yang diperbarui yang menargetkan galur yang akan segera tersedia.

3. Gejala apa yang ditimbulkannya?
Gejalanya tampaknya sama dengan yang disebabkan oleh jenis lain, kata Thomas Russo, kepala Divisi Penyakit Menular di fakultas kedokteran Universitas Buffalo, melalui email. Yang umum termasuk pilek, sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan dan bersin. Orang yang lebih tua, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau menderita berbagai kondisi lain berisiko lebih tinggi untuk mengalami efek yang lebih parah. Ini mungkin termasuk penyakit pernapasan bagian bawah, nyeri dada dan sesak napas. Virus masih membunuh ratusan orang setiap minggu di AS, jadi penting untuk dites jika Anda merasa mungkin terinfeksi.

4. Apa yang menyebabkan peningkatan rawat inap di AS?
Jumlah orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 meningkat untuk pertama kalinya tahun ini di AS, dan data air limbah juga menunjukkan peningkatan kasus. Tidak ada bukti yang menghubungkan meningkatnya rawat inap di banyak negara dengan jenis baru, kata WHO, dan para ahli telah menunjuk kemungkinan penyebab lainnya. Panas ekstrem mendorong pertemuan di dalam ruangan, tempat virus corona menyebar lebih mudah. Selain itu, dengan berakhirnya pandemi, orang-orang kembali bepergian dan tidak lagi memakai masker. Dan bagi banyak orang, sudah berbulan-bulan sejak terakhir kali mereka mendapatkan vaksin atau tertular virus, yang berarti kekebalan mereka terhadap infeksi semakin berkurang.

5. Apakah AS siap menghadapi peningkatan Covid-19?
AS telah mengurangi tanggapannya terhadap Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir. Pemerintah tidak lagi membeli vaksin dan perawatan untuk umum dan tes gratis tidak tersedia secara luas. Namun, para ahli mengatakan AS kemungkinan tidak akan melihat lonjakan kasus yang merusak kehidupan di tahun-tahun awal pandemi. Karena vaksinasi dan infeksi sebelumnya, populasi memiliki perlindungan luas dari penyakit parah, dan terapi seperti obat antivirus Paxlovid Pfizer Inc. dapat mengurangi risiko rawat inap dan kematian jika diminum sejak dini. Bahkan setelah peningkatan baru-baru ini, rawat inap di rumah sakit lebih rendah daripada titik lainnya setidaknya sejak Agustus 2020, menurut data CDC.

6. Apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri?
Vaksin penguat baru akan tersedia pada musim gugur, dan para ahli mengatakan itu sangat penting bagi orang yang rentan. Jika Anda berisiko lebih tinggi dan Anda akan berada dalam situasi di mana kemungkinan paparan, seperti pertemuan besar, Russo mengatakan Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan suntikan penguat dari salah satu vaksin lama yang sudah ada di pasaran. Bagaimanapun, masker membantu melindungi dari infeksi. Apotek masih menawarkan layanan pengujian Covid-19 dan menjual tes di rumah. Jika Anda berisiko tinggi dan mengalami gejala, tes dapat membantu menentukan apakah Anda harus mulai mengonsumsi Paxlovid.(straitstimes)

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan