sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rilis tahun 2020, inilah deretan keunggulan smartphone Vivo V20 SE

Vivo V20 SE menjadi varian V Series pertama dari Vivo yang memiliki fitur near field communication (NFC).

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Selasa, 26 Jan 2021 15:54 WIB
Rilis tahun 2020, inilah deretan keunggulan smartphone Vivo V20 SE
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Di tahun 2020 kemarin, Vivo merupakan salah satu pabrikan smartphone yang gencar merilis produknya di Indonesia. Salah satu produk yang diluncurkan oleh pabrikan smartphone asal Tiongkok ini adalah seri Vivo V20.

Kemunculan seri V terbaru dari Vivo dibarengi dengan kompatriotnya, yaitu vivo s20 se. Kedua seri terbaru V20 Series merupakan penerus dari Vivo V series sebelumnya yaitu V19. Karena itu, Vivo V20 dan V20 SE ini pun diklaim mempunyai keunggulan yang lebih menarik dibandingkan pendahulunya tersebut.

Sebagai informasi, smartphone Vivo V20 dan V20 SE diketahui dirilis di Indonesia pada bulan September 2020 lalu. Acara peluncurannya hanya diadakan secara virtual melalui kanal YouTube Vivo Indonesia dan sejumlah platform media sosialnya karena pandemi Covid-19 atau Corona.

Perlu Anda tahu, Vivo saat ini berhasil menggeser OPPO dan menempati posisi pertama dalam daftar ‘Top 5 brand smartphone’ di Indonesia. Berdasarkan data IDC, berturut-turut peringkat brand smartphone di Indonesia pada kuartal III-2020. Brand-brand smartphone di data IDC adalah Vivo (24,1%), OPPO (21,7%), Xiaomi (18,1%), Samsung (17,3%), dan Realme (14,5%).

Menurut Vivo Indonesia, varian V series terbaru ini diluncurkan untuk memberikan pilihan untuk melengkapi kebutuhan konsumen akan smartphone.

"Terutama bagi mereka yang ingin menangkap setiap momen berharga melalui inovasi dan teknologi yang dibawa pada smartphone ini," jelas Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia kala itu.

Lebih lanjut, Edy Kusuma juga menyebutkan bahwa kedua varian V20 Series ini unggul pada sektor kamera.

"Kamera depan menjadi identitas seri V, bukan hanya untuk selfie, tapi juga untuk video beresolusi tinggi untuk vlog atau stories," terangnya.

Sponsored

Tampil beda dari saudaranya, smartphone Vivo V20 SE sendiri diketahui menjadi varian V Series pertama dari Vivo yang memiliki fitur near field communication (NFC). Karena itu, fitur yang dimiliki oleh smartphone Vivo V20 SE ini akan semakin mempermudah keseharian pengguna, seperti untuk top up atau cek uang elektronik hingga transfer data.

Selain itu, smartphone V20 SE hadir dengan kemampuan kamera depan beresolusi 32MP Super Night Selfie. Smartphone ini juga didukung dengan kamera belakang 48MP Rear Camera yang terdiri dari 48MP Main 3 Camera, 8MP Dual Mode Camera (Super Wide-Angle and Super Macro Camera), dan 2MP Depth Camera.

Dari sisi performa, smartphone V20 SE disematkan Qualcomm® Snapdragon™ 665 dan 8GB RAM + 128GB ROM dengan tambahan fitur NFC. V20 SE dibekali dengan Funtouch OS 11 berbasis Android 10, beda dengan V20 yang dibekali Funtouch OS 11 berbasis Android 11. Lalu sama seperti V20, V20 SE juga dibekali dengan 33W Flash Charge, tetapi kapasitas baterai dari V20 SE lebih besar, yaitu 4.100 mAh dengan kecepatan pengisian baterai hingga 62% dalam 30 menit.

Dari segi desain, smartphone V20 SE tergolong ramping karena memiliki ketebalan 7,83 mm dan berat 171 gram. Selain ramping, desain smartphone V20 SE dirancang agar pas di tangan atau saku karena menawarkan lekuk tubuh 3D dengan bahan berkualitas tinggi.

Sebagai informasi, smartphone Vivo V20 SE hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Gravity Black dan Oxygen Blue. Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia juga menyebutkan bahwa Vivo V20 SE merupakan smartphone yang mampu mendukung gaya hidup anak muda terkini yang dinamis dan fashionable.

"Melalui Vivo V20 SE, kami ingin memberikan pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki smartphone dengan teknologi kamera depan terbaik yang dikemas dalam desain yang ramping dan stylish, dan mampu mendukung gaya hidup anak muda terkini yang dinamis dan fashionable," tukasnya.

Saat ini, smartphone Vivo V20 SE berada di kisaran harga kurang dari Rp4 juta-an. Berikut ini adalah pembahasan lengkap seputar spesifikasinya:

1. Layar OLED dengan kualitas grafis terbaik

Sama dengan Vivo V20 dari segi layar, smartphone Vivo V20 SE sama-sama menawarkan panel OLED. Layar OLED ini cenderung lebih cerah ketimbang IPS LCD, dan tidak begitu banyak memakan baterai berkat kemampuannya menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam.

Ukurannya adalah sebesar 6,64 inci pada resolusi Full HD Plus, dan dalam hal ini Vivo memberikan rasio perbandingan bodi ke layar yang cukup luas sebesar 90,2%. Akurasi warna pada layar pun sangat luas, menampilkan rentang warna sebanyak 16 juta dengan tingkat saturasi hingga 103%.

Sebagaimana smartphone yang menggunakan OLED pada umumnya, Vivo V20 SE pun mampu menerapkan in-display fingerprint sensor alias sensor sidik jari yang tertanam di layar, memberikan pengalaman natural saat membuka kunci dengan cepat serta aman.

Di bagian depannya, smartphone Vivo V20 SE pun kembali memperkenalkan desain waterdrop display (poni kecil berwujud tetesan air) yang mampu membuat ukuran perangkat lebih compact meski layarnya berukuran luas.

2. Desain bodi smartphone yang slim

Dalam hal kerampingan bodi, lagi-lagi pengguna pun akan dipuaskan dengan dimensi bodi yang ergonomis pada Vivo V20 SE sehingga membuatnya enak digenggam saat melakukan aktivitas di smartphone sehari-hari.

Perangkat Vivo V20 SE ini memiliki ketebalan bodi sebesar 7,83 mm dengan bobotnya yang hanya mencapai 171 gram saja. Ini adalah sebuah ukuran yang ringan, terutama untuk smartphone di rentang harga mid-range yang fitur-fiturnya terbilang cukup banyak.

3. Tampilan warna yang kalem

Berbeda dengan Vivo V20 yang mengusung gradasi dua warna, smartphone Vivo V20 SE cenderung memiliki aksen corak yang simpel. Terdapat dua pilihan warna yang tersedia pada smartphone Vivo V20 SE yakni warna Gravity Black dan Oxygen Blue.

Untuk Anda yang ingin terlihat lebih elegan, bisa memanfaatkan kesan mewah yang didapatkan dari warna Gravity Black di smartphone Vivo V20 SE. Warna hitam dari smartphone Vivo V20 SE ini memang terinspirasi dari pekatnya hitam di luar angkasa. Sementara itu, untuk yang tidak suka warna gelap, bisa memilih warna Oxygen Blue di smartphone Vivo V20 SE yang condong memberikan gradasi warna biru keputihan.

4. Kamera yang terbilang oke

Bagi yang lebih mengutamakan foto selfie, smartphone V20 SE adalah produk yang tepat. Pasalnya, smartphone Vivo V20 SE ini menawarkan sensor selfie 32MP dengan fitur dan mode penyempurna seperti Super Night Selfie, Professional Portrait Mode, dan Selfie Softlight Band.

Selain itu, pada kamera belakang, smartphone Vivo V20 SE ini dibekali dengan tiga kamera belakang. Konfigurasi kamera smartphone Vivo V20 SE terdiri dari 48MP Main Camera, 8MP Dualmode Camera (Super Wide-Angle and Super Macro Camera) and 2MP Depth Camera.

Dukungan fotografi pada smartphone Vivo V20 SE ini memang terbilang baik, apalagi kamera belakangnya pun menawarkan konfigurasi lensa yang dapat mengakomodasi berbagai macam kebutuhan.

Berbekal lensa utama 48 MP, mode ganda (sudut lebar atau super makro) 8 MP, dan lensa kedalaman 2 MP dengan dukungan Super Night Mode yang ada di dalamnya, kamu tentu dapat mengabadikan berbagai macam aktivitas harian termasuk di kondisi kurang cahaya.

Hal ini bukan hanya karena kamera tersebut dapat menghasilkan foto-foto yang menawan melainkan juga mampu merekam video dengan fitur-fitur masa kini, meliputi Ultra Stable dan 4K Video.

5. Baterai yang cukup awet

Di segmen harga menengah, smartphone Vivo V20 SE ini diketahui menghadirkan kapasitas baterai yang terbilang cukup mumpuni. Smartphone Vivo V20 SE tepatnya, mengantongi kapasitas 4.100 mAh yang sedikit lebih besar ketimbang smartphone Vivo V20 yang hanya 4.000 mAh.

Meski tidak menghadirkan baterai sebesar 5.000 mAh, smartphone Vivo V20 SE ini memang terbilang cukup awet karena bisa tahan dengan durasi cukup panjang dalam sekali pengisian daya. Terlebih, hal ini pun terbantu dengan penggunaan panel layar yang hemat daya serta dukungan mode power saving yang cukup handal dalam menjaga ketahanan baterai smartphone Vivo V20 SE.

6. Teknologi fast charging 33W

Seperti yang sebelumnya disebutkan bahwa smartphone Vivo V20 SE mempunyai ketahanan baterai yang awet. Menariknya, para pengguna smartphone Vivo V20 SE ini tidak perlu lagi mengisi daya perangkat tersebut dalam waktu lama.

Hal ini tidak lain berkat sokongan fast charging 33W yang terdapat di smartphone Vivo V20 SE ini mampu mengisi daya baterai dari nol hingga penuh dalam waktu kurang dari satu jam saja. Vivo juga mengklaim bahwa baterai smartphone Vivo V20 SE ini punya kecepatan pengisian daya hingga 62% hanya dalam 30 menit.

7. Punya fitur NFC multifungsi

Tidak sempat mengisi saldo e-Toll? Tidak masalah, karena dengan bantuan aplikasi pihak ketiga dan fitur Near Field Communication milik smartphone Vivo V20 SE, kini kamu bisa mengisi saldo di mana saja dengan hanya menempelkan kartu pada bodi perangkat tersebut.

Pada smartphone Vivo V20 SE, pengguna dapat memanfaatkan teknologi ini untuk kebutuhan transfer data, mengecek dan top-up uang elektronik. Cukup dengan menyalakan aplikasi e-banking yang diperlukan, kemudian meletakkan kartu uang elektronik di bodi smartphone, maka konsumen bisa melakukan transaksi top-up uang elektronik yang dibutuhkan.

8. Dapur pacu yang tangguh

Smartphone Vivo V20 SE ditenagai oleh Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm) yang dikombinasikan dengan RAM 8GB, memori internal 128GB, dan Funtouch OS 11 berbasis Android 10. Dengan begitu, para pengguna smartphone Vivo V20 SE akan memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna dalam menggunakan smartphone yang mulus tanpa lag.

Kehadiran chipset Qualcom ini diharapkan mampu memberikan kemampuan performa yang tinggi dan pengalaman multitasking ataupun mobile gaming yang lebih menyenangkan.

Walau menyandang versi ringan dari smartphone Vivo V20 SE, perangkat ini terbilang mampu menyaingi beberapa pesaingnya berkat kehadiran layar OLED beresolusi tinggi dan juga kemampuan fotografinya yang luar biasa.

Selain itu, terdapat juga mode Ultra Game Mode yang bisa memaksimalkan kinerja agar pengalaman bermain setidaknya bisa terasa lebih lancar di smartphone Vivo V20 SE.

Meski hadir di tahun lalu, spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone Vivo V20 SE masih terbilang sangat mumpuni hingga saat ini. Jadi, apakah Anda tertarik membelinya?

Berita Lainnya