sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jakpro gelar lomba video Jakarta Millenial Report

Para peserta diharuskan membuat karya dengan objek Taman Ismail Marzuki.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 15 Sep 2021 15:49 WIB
Jakpro gelar lomba video Jakarta Millenial Report

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro menyelenggarakan lomba video "Jakarta Millennial Report" dengan objek Taman Ismail Marzuki (TIM). Kegiatan diikuti 80 peserta dan dibagi ke dalam 16 tim, yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Saat ini, terang Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Jakpro, Nadia Diposanjoyo, perlombaan memasuki tahap seleksi setelah para peserta membuat karya. Prosesnya berlangsung selama dua hari, 16-17 September 2021.

"Setelah itu, kita dapatkan lima tim finalis yang akan berlomba menceritakan tentang Jakarta, khususnya Pusat Kesenian Taman Ismail Marzuki," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9).

Para finalis yang berasal dari berbagai daerah nantinya diundang ke Jakarta untuk mengobservasi TIM dan mengikuti pertemuan teknis yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Video (AJV), 25 September mendatang. Berikutnya, melakukan syuting di lokasi.

Karya yang dihasilkan bakal diunggah di media sosial masing-masing peserta. Jakpro memastikan menjamin kebebasan berekspresi tanpa batas.

"Tidak ada batasan tertentu. Ini, kan, komunitas Jakarta Millennial Report atau JMR yang temanya Menceritakan Tentang Jakarta. Bebas-bebas mereka saja mau cerita apa, hanya obyeknya yang dalam diskusi dengan AJV diputuskan Taman Ismail Marzuki," tuturnya.

TIM dipilih karena hampir selesai direnovasi. Pun diklaim bakal menjadi pusat kesenian kota dan pusat kreatif yang unik di Asia Tenggara.

“TIM memang disiapkan menjadi creative hub-nya Indonesia. Canggih, modern, dan mengakomodir kebutuhan zaman,” kata Nadia.

Sponsored

Alasan lainnya, tambah Ketua Penyelenggara Lomba dari AJV, Said Rizky Batavian, "wajah baru" TIM ditunggu-tunggu warga Ibu Kota, terutama seniman dan kaum muda kreatif.

Karya finalis JMR mulai diunggah di media sosial peserta pada 28 September-2 Oktober. Hasil akhirnya diunggah pada 3 Oktober di media sosial peserta dan seluruh akun AJV.

Penilaian oleh dewan juri, yang dipimpin pegiat media sosial dan akademisi komunikasi, Rully Nasrullah, bakal berlangsung pada 3-7 Oktober. Adapun mengumumkan pemenang rencananya dilakukan 8 Oktober di Jakarta secara daring dan luring.

Karya terbaik mendapatkan hadiah uang tunai dari Jakpro dan berbagai bingkisan lain dari AJV Jurnalis Merdeka. Seluruh tim finalis juga mendapatkan biaya produksi serta uang saku selama di Jakarta.

Berita Lainnya