sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jangan salah pilih ukuran tempat tidur yang cocok untuk kamu

Banyak pilihan tempat tidur yang bisa kamu pilih, mulai dari tempat tidur ukuran single hingga tempat tidur dengan ukuran king.

Clarissa Ethania
Clarissa Ethania Rabu, 15 Sep 2021 11:41 WIB
Jangan salah pilih ukuran tempat tidur yang cocok untuk kamu

Memilih ukuran tempat tidur yang tepat, nyatanya sangat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Sebab jika ukuran tempat tidur tidak sesuai dengan tubuh, akan memengaruhi kenyamanan saat tidur.

Memilih ukuran tempat tidur melibatkan banyak faktor loh. Mulai dari usia, tinggi badan, dan berat badan orang yang tidur, ukuran kamar, hingga preferensi pribadi yang mempengaruhi pemilihan tempat tidur.

Banyak pilihan tempat tidur yang bisa kamu pilih, mulai dari tempat tidur ukuran single hingga tempat tidur dengan ukuran king, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan kamu. Sebab, tidak semua ukuran tempat tidur dapat cocok dengan semua orang.

Melansir dari Dekoruma, berikut adalah beberapa ukuran kasur yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan tidur kamu.

Single
(Ukuran tempat tidur single 90 cmx200 cm dan 100 cmx200 cm)

Ukuran kasur pertama yang perlu Anda ketahui adalah single bed. Idealnya tempat tidur dengan ukuran ini, digunakan oleh satu orang. Biasanya jenis tempat tidur dengan ukuran single cocok digunakan untuk anak-anak, kamar kos, ataupun kamu yang memiliki ruang tempat tidur yang mungil. Soal harga tempat tidur dengan ukuran ini, menjadi yang paling murah/terjangkau jika dibandingkan dengan tempat tidur ukuran lainnya.

Double
(ukuran tempat tidur double 120 cmx200 cm)

Tidak berbeda jauh dengan ukuran tempat tidur single, membuat tempat tidur ini sering dikenal dengan super single karena hanya lebih besar sedikit. Tempat tidur ini biasanya diperuntukkan untuk anak remaja maupun orang dewasa dengan ukuran badan yang agak besar yang tidur sendiri. Tentunya agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyaman.

Sponsored

Queen
(Ukuran tempat tidur queen 160 cmx200 cm)

Kasur yang satu ini cocok banget buat kamu yang ingin mendapatkan ruang gerak ekstra dibandingkan dengan ukuran kasur single atau double. Biasanya dalam dunia perhotelan, ukuran tempat tidur queen dengan lebar 160 cm dan panjang 200 cm diperuntukkan untuk dua orang.

Tempat tidur dengan ukuran ini menjadi standar ukuran kasur yang diperuntukkan bagi dua orang, terutama bagi kamu yang sudah memiliki pasangan namun juga ingin menyiasati ukuran kamar dengan luas terbatas.

King
(Ukuran tempat tidur king 180 cmx200 cm)

Sesuai namanya, ukuran kasur ini nyaman, luas, dan sangat memadai dibandingkan dengan ukuran tempat tidur sebelumnya. Pada umumnya, ukuran kasur ini diletakkan pada kamar tidur utama. Selain dapat mengakomodasi dua orang dewasa dengan leluasa, ukuran kasur ini memungkinkan orangtua untuk tidur bersama dengan anaknya yang masih kecil. Oleh karena itu, tempat tidur ini cocok untuk pasangan, ataupun kamu yang sudah berkeluarga. Tempat tidur ukuran yang lebih besar dikenakan biaya yang lebih tinggi, baik untuk kasur dan tempat tidurnya.

Super king
(Ukuran tempat tidur super king 200 cmx200 cm)

Ukuran tempat tidur terbesar ini layaknya dua kasur single yang digabungkan menjadi satu. Ukuran tempat tidur super king bisa memuat hingga tiga orang dewasa ataupun dua orang dewasa dengan satu anak. Jika kamu pernah mencoba membaringkan diri pada tempat tidur ukuran king size dan kaki tetap menggantung pada ujungnya, maka alas tidur dengan ukuran super king menjadi solusi yang tepat. Pada kamar hotel, ukuran ini sering ditemui pada kamar tipe Presidential Suite yang menawarkan fasilitas terbaik untuk pengunjungnya

Ukuran khusus
Mungkin ukuran tempat tidur  yang tertera di atas tidak sesuai dengan yang kamu cari. Kamu dapat menyiasatinya 
dengan menambah kasur ekstra dengan ukuran yang sesuai ataupun melakukan custom.

Pastikan kamu memilih ukuran tempat tidur yang sesuai ya! Pertimbangkan ukuran tubuh, kebiasaan tidur, hingga jumlah pengguna tempat tidur tersebut. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan ukuran tempat tidur dengan ruang kamar yang kamu punya. Pastikan setelah kasur diletakkan, kamar masih bisa diakses dengan nyaman dan leluasa. Posisi dan sisa ruang gerak harus tetap memadai, terutama akses untuk keluar masuk kamar.

 

Sumber : Dekorama dan Cnet

Berita Lainnya