sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Khasiat timun suri dan blewah buah khas Ramadan

Alangkah nikmatnya berbuka puasa dengan minuman segar yang dingin, seperti es buah timun suri dan blewah.

Silvia Nita Nur Aryanti
Silvia Nita Nur Aryanti Kamis, 08 Apr 2021 07:57 WIB
Khasiat timun suri dan blewah buah khas Ramadan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pada saat menjalankan ibadah puasa, kita tentu tidak akan pernah lupa dengan makanan atau minuman yang segar dan nikmat. Terlebih saat sudah waktunya berbuka, pasti tak sabar ingin segera menyantap suatu makanan atau minuman yang membuat segar dan meningkatkan daya kesemangatannya.

Alangkah nikmatnya berbuka puasa dengan minuman segar yang dingin, seperti es buah timun suri dan blewah. Bahkan, bagi sebagian orang, rasanya tidak lengkap bila berbuka puasa tanpa kehadiran timun suri dan blewah.

Kesegarannya ibarat menjadi obat pelepas dahaga setelah seharian berpuasa. Maka tak heran bila buah timun suri dan blewah sangat populer di Indonesia khususnya saat Ramadan.

Umumnya buah timun suri dan blewah akan dibuatkan minuman es yang ditambahi sirup sebagai penambah cita rasa. Cita rasa timun suri dan blewah memang lezat dan sangat menyegarkan. Selain menyegarkan, buah timun suri dan blewah memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh.

Berikut beberapa macam khasiat buah timun suri dan blewah yang baik sebagai penunjang makanan saat berpuasa nanti, yang disadur dari buku karya Sunarjono Hendra berjudul Timun Suri & Blewah(Kandungan & khasiat, Kumpulan Resep Minuman, Panduan Bertanam.

- Sebagai sumber air, vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor
Dikatakan sebagai sumber air karena air yang terkandung dalam timun suri mencapai lebih dari 90%. Sementara yang dikatakan sebagai vitamin C dan kalium, seseorang yang mengonsumsi 100g buah timun suri maka kebutuhan vitamin C dan kalium untuk sehari-hari telah terpenuhi.

- Kandungan gizi blewah sangat bermanfaat
Kandungan gizi dalam buah blewah sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan fungsi ginjal dan limpa, juga menurunkan tekanan darah.

- Kandungan air timun suri dan blewah bagus untuk metabolisme tubuh
Kandungan air yang tinggi pada timun suri dan blewah bermanfaat dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Metabolisme adalah suatu reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk mempertahankan hidup dengan adanya pemecahan dan pembentukan gizi.

Sponsored

- Menyembuhkan panas dalam
Kandungan air yang terdapat pada buah timun suri, juga mampu menyembuhkan panas dalam.

- Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
Anak-anak, remaja, dan orang tua yang membutuhkan sistem imun yang baik dianjurkan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup. Timun suri dan blewah merupakan alternatifnya.

- Mencegah rasa letih, lelah, lesu, lemas, dan lunglai
Asupan vitamin C yang cukup akan mencegah seseorang dari rasa letih, lelah, lesu, dan lunglai yang merupakan ciri-ciri dari anemia.

Berita Lainnya